JAPFA for Kids dan Pemkab Mempawah Entaskan Siswa Malnutrisi

MEMPAWAH, suarapembaharuan.com - Inisiatif tanggung jawab sosial yang dilakukan departemen social investment JAPFA group bersama tim unit Poultry Feed, PT Suri Tani Pemuka, Poultry Breeding Anjungan, dan PT Ciomas Adisatwa dalam Program JAPFA for Kids Sungai Pinyuh telah berhasil terlaksana dengan sukses. 



“Melalui program ini JAPFA berupaya menurunkan kasus malnutrisi pada siswa di 15 SD yang berada di Sungai Pinyuh. Intervensi  program dilaksanakan sejak Juli hingga Desember 2023 melalui pemberian telur secara rutin, satu hari Satu Telur,” kata Dr.  Artsanti Alif, Vice President-Head of Social Investment JAPFA dalam pertemuan diseminasi program JAPFA For Kids di Sungai pinyuh pada 31 Januari 2024 yang lalu. 


Hasil intervensi yang dilakukan JAPFA menunjukkan dari 204 siswa malnutrisi yang mengikuti program, 129 siswa di antaranya atau sebanyak 63% yang mengikuti program berhasil meningkatkan status gizinya menjadi gizi baik. 


Acara tersebut menjadi momentum membangun sinergi antara guru, pemerintah kabupaten, dinas pendidikan, dan kesehatan, yang memiliki komitmen kuat terhadap pengentasan malnutrisi di Sungai Pinyuh. Pertemuan lintas sektor tersebut bukan hanya menjadi forum diskusi, tetapi juga kesepakatan bersama untuk menciptakan langkah-langkah konkrit dalam upaya penanggulangan malnutrisi. 


Kabag Kesra Kabupaten Mempawah, Rahmanudin Wiyono, mewakili pemerintah kabupaten berkomitmen memberikan kontribusi dalam penyediaan protein hewani yang terjangkau guna melanjutkan program "Satu Hari Satu Telur" bagi siswa malnutrisi yang masih tersisa.


“Program yang di Sungai Pinyuh dilanjutkan dan dituntaskan terlebih dahulu agar bisa "nol" malnutrisi. Khusus untuk 75 siswa malnutrisi ini kami siap membiayai subsidi telurnya selama tiga bulan,” tutur Rahmanuddin dalam pertemuan tersebut.


Selain itu, staff ahli bupati bidang SDM Kabupaten Mempawah, Raja Fajar juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi motor penggerak dalam pembentukan tim monitoring pengentasan malnutrisi di tingkat kabupaten. 


“Hal baik yang sudah dilaksanakan oleh JAPFA akan tetap di lanjutkan. Saya akan mendiskusikannya lintas dinas untuk membentuk tim monitoring program. Kami akan membentuk tim untuk mendukung semua itu. Kami berkomitmen mengentaskan sisa siswa malnutrisi. Sekitar Agustus kita semua akan berkumpul kembali, dan Pemkab Mempawah yang akan mempresentasikan capaian program pengentasan malnutrisi kepada JAPFA,” janji Raja Fajar dengan tegas.



Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana juga berkomitmen mengambil peran sebagai tim Monev Hari Sehat JAPFA di setiap sekolah. Sedangkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga juga siap mendukung program, terlebih program JAPFA for Kids bersinergi dengan aturan mengenai Kampanye Sekolah Sehat yang di motori oleh instansinya.


Program JAPFA for Kids Sungai Pinyuh bukan hanya memberikan dampak positif pada status gizi siswa, tetapi juga membangun sinergi yang kuat antara berbagai pihak dalam upaya bersama mengatasi permasalahan malnutrisi. 


“JAPFA terus berkomitmen untuk berkontribusi positif bagi masyarakat melalui inisiatif sosial seperti ini, menciptakan dampak nyata dan berkelanjutan. Kami sangat bahagia ketika dari berbagai instansi yang hadir ternyata gayung bersambut dengan inisiatif JAPFA dalam mengentaskan malnutrisi di Sungai Pinyuh,” tutup Artsanti dalam sambutannya.


Nutrisi sangatlah penting bagi kesehatan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Nutrisi yang tepat selama masa kanak-kanak sangat penting karena berdampak langsung pada pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif, fungsi kekebalan tubuh, dan kesejahteraan secara keseluruhan. 


Nutrisi yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik yang tepat. Anak membutuhkan pola makan seimbang dengan nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral untuk mendukung perkembangan tulang, otot, dan organ. Nutrisi memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif. 


Nutrisi yang tepat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membuat anak-anak lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Anak-anak sering kali sangat aktif, dan pola makan yang seimbang menyediakan energi yang mereka butuhkan untuk aktivitas sehari-hari, olahraga, dan bermain. Pola makan seimbang membantu mencegah kekurangan nutrisi, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 


Misalnya kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, sedangkan kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi kesehatan tulang.


Masa kanak-kanak adalah masa kritis untuk membangun kebiasaan makan seumur hidup. Mengenalkan beragam makanan bergizi sejak dini dapat berkontribusi pada pengembangan kebiasaan makan sehat yang dapat dibawa hingga dewasa. Nutrisi yang baik sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat pada anak-anak. Membangun kebiasaan makan yang sehat sejak dini dapat berkontribusi dalam mencegah obesitas pada masa kanak-kanak dan masalah kesehatan terkait.


Nutrisi juga dapat memengaruhi kesejahteraan mental dan emosional. Nutrisi yang tepat berkontribusi pada produksi neurotransmiter yang berperan dalam mengatur suasana hati dan emosi. Kebiasaan makan sehat di masa kanak-kanak dapat berkontribusi terhadap penurunan risiko penyakit kronis di kemudian hari, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker tertentu.


Orang tua, pengasuh, dan pendidik memainkan peran penting dalam memastikan bahwa anak-anak menerima makanan yang seimbang dan bergizi. Mendorong variasi makanan, membatasi camilan olahan dan bergula, serta mendorong sikap positif terhadap pola makan sehat merupakan komponen penting dalam mendukung gizi anak.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama