Jonni Hermanto Optimistis Partai Gelora Masuk Senayan, PT 4 Persen Lebih

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, Jonni Hermanto, optimistis Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) bakal masuk ke Senayan usai pencoblosan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. 



Berdasarkan hasil penghitungan cepat (“quick count”) Voxpol pada 14 Februari petang, perolehan suara Partai Gelora sudah melewati ambang batas parlemen atau “parliamentary threshold” (PT) sebesar 4 persen lebih. Hingga saat ini, penghitungan suara Legislatif masih berlangsung dan suara yang masuk masih di bawah 20 persen.


“Luar biasa, Partai Gelora diperkirakan masuk Senayan, DPR RI, dengan parliamentary threshold di atas 4 persen,” ujar  Caleg DPR RI, Jonni Hermanto, dari Dapil Papua Pegunungan, Rabu (14/2/2024).


Dia menjelaskan, hingga petang ini perolehan suara sementara di Provinsi Papua Pegunungan menunjukkan hasil yang menggembirakan, dengan tren mengalami kenaikan.


“Di Kabupaten Tolikara, Partai Gelora merebut kursi DPRD kabupaten sekitar enam kursi dan DPRD provinsi sekitar dua kursi serta DPR RI sekitar satu kursi,” bebernya.


Dia mengatakan, partai pendatang baru pimpinan Anis Matta ini, mendapat raihan suara dengan tren positif di Tanah Papua, terutama di Provinsi Papua Pegunungan.


“Laporan sementara, enam kursi DPRD kabupaten sudah aman (diraih) dan akan menyusul distrik lainnya untuk mendukung DPR RI dan DPRD provinsi,” imbuhnya.


Dia menjelaskan, data terbaru di Kampung Manikak suara Jonni Hermanto mencapai 20 suara per satu Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Perolehan suara ini dianggap luar biasa,” tuturnya. 


“Di Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, suara yang masuk sudah 50 persen. Suara Partai Gelora menggembirakan. Kami optimistis kemenangan Partai gelora karena kepala suku, pemuka agama dan masyarakat setempat merasakan semangat yang sama dengan Partai Gelora,” imbuhnya.


Selain itu, sistem noken masih diterapkan di beberapa daerah di Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Tengah. Sistem noken merupakan bentuk kesepakatan bersama (aklamasi) untuk memilih yang dilakukan oleh kepala adat atau kelompok masyarakat adat setempat. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS


Foto: Caleg DPR RI, Jonni Hermanto (kedua kanan), optimistis Partai Gelora masuk ke Senayan.



1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama