Relawan Dikerahkan untuk Bantu Korban Banjir di Demak

DEMAK, suarapembaharuan.com – Pemerintah Kabupaten Kudus menerjunkan tim untuk membantu korban bencana banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Penjabat (Pj) Bupati Kudus Hasan Chabibie pun meninjau pengungsi yang tengah mendapatkan perawatan di tenda yang disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, di atas Jembatan Tanggulangin, Kecamatan Karanganyar.



Ketika tiba di area yang dijadikan lokasi sementara penanganan korban bencana banjir, Pj Bupati Hasan didampingi Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Santoso, Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Harya Muldianto, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memastikan, tim relawan Kudus siap melakukan upaya evakuasi.


“Meskipun secara wilayah ini masuk di Demak, tapi kami sebagai tetangga merasa perlu untuk membantu, karena ini adalah bencana yang memantik rasa kemanusiaan kita,” jelasnya.


Menurut Hasan, terdapat dua tenda berukuran besar yang didirikan, yakni di kawasan Jembatan Tanggulangin dan Terminal Jati Kudus. Selain itu, seluruh peralatan evakuasi, seperti kendaraan rescue, perahu mesin, dan peralatan lainnya, juga dikerahkan.


“Sudah disiapkan dua tenda, yang di Jembatan Tanggulangin ini untuk evakuasi sekaligus penanganan pertama untuk korban yang sudah bisa dibawa ke sini. Untuk yang di Terminal Jati, nantinya untuk tempat pengungsian,” ujar Pj bupati.


Hasan juga mengupayakan agar bantuan seperti pakaian, makanan dan minuman, selimut, obat-obatan, serta bantuan lainnya yang dibutuhkan pengungsi, dapat segera disalurkan. Sehingga, dapat meringankan beban para pengungsi.


“Kita mengupayakan agar bantuan makanan, pakaian, obat-obatan, dan lainnya bisa segera masuk di kawasan posko pengungsian. Upaya kita saat ini, yaitu membangun komunikasi dengan seluruh stakeholder terkait,” imbuhnya.


Sementara itu, warga Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Wahyu menyampaikan terima kasih, atas bantuan yang diberikan oleh seluruh relawan yang turun ke Demak, baik dari Kudus, Pati, Blora, Jepara, Rembang, BPBD Provinsi Jawa Tengah, dan lainnya.


“Matur suwun atas bantuannya, karena ini sangat membantu kami agar bisa segera ke tempat pengungsian,” ungkapnya.


Kategori : AAS


Editor      : PAS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama