Soal Putusan DKPP, Koalisi Ajak Masyarakat Tolak Prabowo-Gibran Gegara Cacat Etik

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Demokratis mengajak masyarakat untuk menolak dan tidak memilih pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka karena pencalonan Gibran sebagai cawapres dinilai sangat problematik dan cacat etik berat. 



Hal ini disampaikan oleh perwakilan Koalisi dari Setara Institute, Halili Hasan dalam rangka menyikapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyatakan bahwa Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pelanggaran etik dalam menerima pendaftaran Gibran sebagai cawapres.


"Koalisi juga menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memberikan sanksi etik kepada Paslon 02, Prabowo-Gibran dengan melakukan penolakan etik kepada Paslon 02 pada Pemungutan Suara pada 14 Februari mendatang. Pemilih mesti mengekspresikan kedaulatan rakyat dengan tidak memilih Paslon yang mengandung pelanggaran etik berat dan berulang," ujar Halili Hasan dalam keterangannya, Senin (5/2/2024).


Diketahui, DKPP memberikan sanksi Peringatan Keras dan Terakhir kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari, dan Peringatan Keras kepada 6 (enam) Anggota KPU. Sanksi diberikan lantaran KPU menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka menjadi Cawapres di Pilpres 2024 tanpa dasar hukum berupa Perubahan Peraturan KPU.


Sanksi ini tertuang di putusan DKPP yang dibacakan hari ini, Senin (5/2) dalam sidang putusan atas 4 (empat) perkara, yakni perkara No. 135-PKE-DKPP/XXI/2023, 136-PKE-DKPP/XXI/2023, 137-PKE-DKPP/XXI/2024, dan 141-PKE-DKPP/XXI/2023. Semua perkara tersebut mempersoalkan pendaftaran Gibran sebagai cawapres ke KPU di Pemilu 2024.


"Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Demokratis mengapresiasi putusan tersebut. DKPP memberikan penegasan bahwa pencalonan Gibran Rakabuming Raka sangat problematik pada berbagai aspek, terutama dari sisi etika dan hukum," tegas Halili.


Koalisi, kata Halili l, menilai bahwa, tidak diragukan sama sekali, pencalonan Gibran sebagai Cawapres Paslon 02 sangat problematik dan cacat etik berat. Sebelumnya, kata dia, Putusan Mahkamah Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyatakan bahwa Ketua MK saat itu, Anwar Usman, yang juga Paman Gibran dan Adik Ipar Presiden Jokowi, melakukan pelanggaran etik berat dalam Putusan MK No. 90/2023 yang memberikan jalan bagi Gibran untuk mendaftarkan diri sebagai Cawapres bagi Capres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.


"Putusan DKPP juga mempertebal daftar kecurangan Pemilu  2024 yang turut diwarnai cawe-cawe Presiden Jokowi dan problem netralitas instansi negara/pemerintah dan aparatur negara (TNI, Polri, ASN, Aparat Desa, Kampanye Paslon 02, dan lain-lain) serta korupsi lewat programmatic politics Bantuan Sosial di berbagai daerah," pungkas Halili.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama