Anggawira: Pohon Industri Teh Mustinya Bisa Sehebat Kopi

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Beberapa waktu lalu 2 Maret 2024, Relawan Pengusaha Muda Nasional Indonesia Maju (REPNAS IM) mengadakan webinar hilirisasi teh menghadirkan pembicara praktisi ahli teh yang benar-benar terjun mengembangkan varian teh di Indonesia. Mereka adalah Iriana Ekasari dan Iwan Setiawan. 



Iriana adalah praktisi pertanian yang malang melintang di industri ritel fast moving consumer goods dan sempat menjadi Direktur Utama perusahaan dagang PTPN: KPBN (PT. Kharisma Pemasaran Bersama) sementara Iwan Setiawan memiliki ketekunan dalam membangun sajian teh di cafe yang ia dirikan bersama teman-teman bisnisnya. REPNAS merasa penting mengangkan keduanya untuk mengenalkannya ke jejaring agar dapat saling bersinergi membangun ekosistem bisnis teh ini. 


Konsumsi teh per kapita selama 2007-2016  tumbuh 27% menjadi 350 gram per tahun. Walau tumbuh, angka ini masih tergolong kecil dibanding Malaysia 1 Kg/tahun atau bahkan Turki yang mencapai 3 Kg/tahun. Indonesia kaya dengan ragam sajian teh seperti Teh Poci di Jawa Tengah, Nyaneut Jawa Barat, Patehan Yogyakarta, Nyahi Betawi, Teh Talua Sumatera Barat dan Teh Tarik di Aceh dan Medan. 


Indonesia masih membutuhkan banyak pelaku hilirisasi teh sehingga sajian teh berkembang menjadi specialty tea, artisan tea, mocktail tea dan teh kemasan. Iriana mengatakan banyak kondisi yang tidak ideal seperti upah buruh petik yang tidak manusiawi, 70% pekerja pemetik teh adalah wanita dan rendahnya mutu teh yang ada di negeri sendiri. Sementara Anggawira ketum REPNAS berharap pohon industri teh semestinya dapat berkembang cepat sebagaimana saudaranya yaitu kopi yang memutar ekonomi kreatif dan UMKM. 


Muhammad Sirod selaku moderator menyampaikan bahwa REPNAS akan terus mengadakan diskusi online dan offline yang mencerahkan publik seperti yang sudah dilakukan selama ini. Membahas tembakau, teh, sagu dan nanti soal tata niaga gabah dan beras. "Pencerahan publik ini dimaksudkan agar masyarakat lebih banyak yang memahami kondisi riil dan menjadi pemantik diskusi para pihak syukur-syukur memperbaiki kebijakan yang ada oleh pemerintah." Anggawira menambahkan sekaligus menutup sesi diskusi.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama