Angka Kecelakaan Sumut Capai 6.739 Kasus, Hassanudin: Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas

MEDAN, suarapembaharuan.com - Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meminta masyarakat meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas. Hal ini berguna untuk keselamatan diri sendiri dan juga orang lain di jalan raya.


Ist

Data Polda Sumut tahun 2023 terdapat 6.739 kasus kecelakaan lalu lintas, meningkat 4,2% dari tahun sebelumnya 6.465. 


Karena itu, menurut Hassanudin, perlu adanya upaya peningkatan disiplin berlalu lintas di masyarakat.


“Kecelakaan lalu lintas tidak jarang juga merugikan orang lain yang tidak bersalah, dan tidak jarang juga fatal akibatnya. Jadi masyarakat diimbau untuk meningkatkan kedisiplinan di jalan raya, bukan cuma patuh terkait peraturan, tetapi juga etika di jalan,” kata Hassanudin.


Ia mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2024 di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (13/3/2024).


Berdasarkan data dari Polri Januari hingga akhir Desember tahun 2023, Sumut masuk 10 besar terkait tingkat kecelakaan lalu lintas. 


Tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi ada di Provinsi Jawa Timur yaitu 31.992 kasus dan DKI Jakarta 11.530 kasus.


“Bila kita rata-ratakan dengan jumlah pengguna jalan setiap hari ada empat kecelakaan lalu lintas. Ini cukup tinggi. Disiplin berlalu lintas wajib untuk siapa-siapa. Untuk keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” kata Hassanudin.


Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan Operasi Keselamatan Toba 2024 akan berlangsung selama 14 hari, terhitung Selasa (12/3/2024). 


Target-target operasinya antara lain titik rawan kemacetan, kecelakaan dan rawan pelanggaran.


“Ini upaya kita meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas dan pelanggaran lalu lintas. Juga terciptanya situasi Kamseltibcar Lantas (Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas),” kata Agung.


Operasi Keselamatan Toba 2024 akan melibatkan sekitar 1.906 personel Polri dari berbagai satuan. Petugas diharapkan bersikap profesional dan humanis saat bertugas serta bertindak proporsional.


“Selama di tahun 2023 ada 209.770 penindakan, 50.427 tilang dan 159.343 teguran. Kami melakukan tilang karena pelanggaran yang dilakukan berat,” kata Agung.


Pada kesempatan ini, Polda Sumut bekerja sama dengan pelopor-pelopor keselamatan lalu lintas. Antara lain siswa-siswi SMA, komunitas sepeda motor dan kelompok masyarakat. 


Diharapkan para pelopor keselamatan berlalu lintas bisa membantu Kepolisian dalam hal sosialisasi dan edukasi.


“Poin utamanya ada edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat. Kita harap target-target kita dalam operasi ini bisa tercapai,” katanya.


Hadir pada apel ini Walikota Medan Bobby Afif Nasution, dan Forkopimda Sumut. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, komunitas sepeda motor dan kelompok-kelompok peduli keselamatan berlalu lintas.


Kategori : News


Editor      : RAS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama