Kerja Sama dengan Gojek, Hassanudin Berharap UMKM Jadi Penopang Ekonomi

MEDAN, suarapembaharuan.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menjalin kerja sama dengan PT Goto Gojek Tokopedia. Penandatanganan dilakukan Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin.


Ist

Kerja sama tersebut terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), peningkatan layanan publik, dan penataan transportasi melalui aplikasi Gojek di Sumut.


Adapun kerja sama itu antara lain melingkupi pemberian pelatihan dan pendaftaraan warga Provinsi Sumut, penataan transportasi dalam jaringan di Sumut. 


Dan, perluasan alternatif kemitraan program dengan menggunakan aplikasi Goto Gojek dan Tokopedia.


“Kita harapkan kerja sama ini dapat meningkatkan pengembangan UMKM di Sumut. Kita ketahui, UMKM merupakan penopang perekonomian nasional, khususnya di Sumut. Karena itu, UMKM perlu terus didorong,” kata Hassanudin.


Ia mengatakan itu usai mendatangani Nota Kesepahaman di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Senin (18/3/2024).


Hassanudin juga mengatakan, agar UMKM maju, pelaku usaha perlu didorong untuk kompetitif dengan berbagai inovasi. Sehingga para pelaku usaha dapat bersaing di pasar nasional hingga internasional.


Pemprov Sumut juga terus mendorong UMKM agar berkembang dan berdaya saing. 


“Para pelaku usaha terus kita dorong kompetitif. Kita punya program pengembangan UMKM, seperti pelatihan dan sebagainya, ini terus kita lakukan,” kata Hassanudin.


Hasanudin juga mengapresiasi PT Goto Gojek Tokopedia, yang mau berkontribusi untuk kemajuan Sumut. Menurut Hassanudin, untuk kemajuan daerah, diperlukan sinergi seluruh pihak termasuk pihak swasta.


“Pada dasarnya, membangun untuk kemajuan ini tidak bisa sendiri, perlulah seluruh pihak untuk membangun daerah, sehingga kesejahteraan dapat tercapai,” kata Hassanudin.


Vice President of Regions PT Goto GoJek Tokopedia Gede Manggala berterimakasih pada Pemprov Sumut atas kerja sama yang dibangun tersebut. 


Menurutnya, PT Goto Gojek Tokopedia sangat bangga bisa bekerja sama dengan Pemprov.


Ada hal yang akan dicapai dari kerja sama tersebut. Salah satunya adalah social impact atau dampak sosial. 


Misalnya di bidang pendidikan, ada beasiswa untuk anak mitra driver, pendidikan bahasa Inggris untuk anak mitra driver dan program magang. 


Selain di bidang pendidikan, ada juga harga khusus untuk pelajar dan ASN Pemprov Sumut serta pengantaran makanan dengan harga terjangkau.


Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Lies Handayani Siregar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Tripriyono.


Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Effendi Pohan, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Naslindo Sirait.


Kategori : News


Editor      : YZS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama