Turunkan Ketergantungan Gadget Pada Anak, Perumnas Sediakan Taman Bermain di Samesta Dramaga Bogor

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Menanggapi fenomena penggunaan gadget pada anak-anak usia dini di Indonesia khususnya bagi anak-anak dibawah usia 5 Tahun, menjadi perhatian khusus orang tua. Dilansir dari Katadata.co, Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 menyebutkan bahwa, hampir semua anak usia dini sudah menggunakan gadget sebesar 33,44%. KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) juga mengungkapkan bahwa banyak anak yang telah mengalami ketergantungan terhadap internet dan gadget.



Perum Perumnas melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) turut menanggapi adanya fenomena ini melalui pembangunan dan penyediaan taman bermain bagi anak-anak. Salah satu program pembangunan taman bermain ini telah diterapkan di perumahan Samesta Dramaga Bogor. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi tingkat ketergantungan anak-anak usia dini terhadap internet dan penggunaan gadget secara berlebihan di kawasan tersebut.


Perumnas turut mendukung kepedulian atas fenomena tersebut melalui program pembangunan taman bermain,  sebagai bentuk komitmen korporasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Program yang serupa ini telah dilaksanakan Perumnas secara multiyears dan berkelanjutan sejak 2018 hingga saat ini telah mencapai 12 lokasi pembangunan taman bermain.


Program pembangunan taman bermain ini juga berkaitan dengan peningkatan tutup lahan yang belum dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan keanekaragaman hayati yang akan memberikan peningkatan edukasi terhadap lingkungan. Perumnas  telah menerapkan komposisi pemanfaatan lahan RTH dan fasos fasum sebagaimana diatur pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.


Program ini menjadi upaya serius Perumnas yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDG (Sustainable Development Goals) mengenai Kota dan Permukiman yang berkelanjutan.


Pembangunan taman bermain ini menjadi langkah positif Perumnas dalam berkontribusi pada pencapaian SDGs tersebut, terutama bagi anak-anak. Perumnas menunjukan komitmennya dengan menyediakan ruang terbuka hijau dan  mendukung perencanaan berkelanjutan yang baik. Taman bermain ini dapat menjadi added value bagi masyarakat dalam menciptakan permukiman yang aman, nyaman serta berkelanjutan.


Dengan adanya taman bermain ini, Perumnas berharap tentunya akan meningkatkan partisipasi masyarakat dan anak-anak dalam bersosialisasi atau beraktivitas di luar ruangan khususnya menurunkan penggunaan gadget pada anak-anak usia dini. Berbagai permainan dan kegiatan kelompok yang dapat dilakukan di taman bermain juga akan membantu membentuk keterampilan sosial mereka, seperti kerjasama, komunikasi, dan empati.


Sebagai informasi, Proyek Samesta Dramaga ini merupakan salah satu proyek strategis Perumnas di kawasan Bogor yang dekat dengan akses pendidikan dan perumahan dengan konsep green building. Samesta Dramaga dibangun di atas lahan 36 Ha, dengan total hunian sebanyak 2284 unit.


Perumnas juga berharap taman bermain ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya akan pentingnya interaksi langsung dan kegiatan fisik dalam perkembangan anak-anak juga terhadap penurunan penggunaan gadget pada anak-anak usia dini, seiring dengan peningkatan fasos fasum dan kesadaran akan manfaat kegiatan di luar ruangan.


Kategori : News


Editor      : ARSLL

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama