Gelar FGD, INI Persiapkan Notaris Hadapi Revolusi 5.0 dan Perkuat Notaris Civil Law

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Ikatan Notaris Indonesia (INI)  bekerjasama dengan Universitas Yarsi sukses menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pada 29 April 2024. Acara yang berlangsung di Aula Ar Rakhim, lantai 12 Universitas Yarsi, Jakarta, telah berhasil diselenggarakan dengan baik dan menyita atensi para peserta, diantaranya peserta dari Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul.



Focus Group Discussion yang berlangsung selama sehari ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, termasuk Ibu Ina Luis Lepel, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, dan Dr. Lovro Tomasic, yang mewakili German Federal Chamber of Notaries. 


Selain itu, hadir pula beberapa tokoh penting seperti Prof. dr. H. Jurnalis Uddin, P.A.K., dr. Shanti Jurnalis, Sp.A., M.Kes., Prof. dr. H. Fasli Jalal Ph.D., serta para pemimpin dan akademisi terkemuka lainnya.


Ina Luis Lepel, Duta Besar Jerman untuk Indonesia mengatakan bahwa MOU antara INI dengan German Federal Chamber of Notaries sangat penting bagi kedua negara karena dapat meningkatkan service in justice dan promote quality of Notaries.



Sementara itu Dr. Lovro Tomasic yang mewakili German Federal Chamber of Notaries mengungkapkan bahwa digitalisasi untuk Notaries Services akan mempercepat dan memperbaiki kinerja para notaris. Salah satunya dalam penyimpanan arsip. Mereka sangat senang bisa berbagi dengan para notaris di Indonesia melalui Ikatan Notaris Indonesia. 


Acara ini meliputi rangkaian kegiatan seperti sesi diskusi, panelis, serta penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara INI dan Universitas Yarsi serta antara INI dan German Federal Chamber of Notaries. FGD juga menampilkan studi komparatif tentang kewenangan notaris dalam regulasi hukum Jerman dan Indonesia.


Apresiasi atas kerjasama yang kokoh antara INI dengan Universitas Yarsi dalam menyelaraskan teori dan praktik kenotariatan diharapkan memberikan manfaat yang besar bagi pemahaman mahasiswa mengenai praktik kenotariatan di lapangan.



Penyelenggaraan acara ini mendapat dukungan penuh dari rekan-rekan Notaris seluruh Indonesia terutama anggota Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia, yang dipimpin oleh Tri Firdaus Akbarsyah, SH, MH sebagai Ketua Umum dan Dr. Agung Iriantoro, SH, MHum sebagai Sekretaris Umum.


Tri Firdaus Akbarsyah menyatakan, “Kita harus bisa beradaptasi secara cepat dari perubahan drastis analog ke digital.Bercermin dari Jerman, kita bisa belajar dari mereka dalam pengarsipan. Jerman didukung oleh sistem ketatanegaraan yang sangat baik yang berpengaruh pada dunia kenotariatan.”


Namun Para Notaris Indonesia juga  pernah berbagi dengan Para Notaris dari Vietnam yang masih terbilang baru.


Acara ini turut dimeriahkan pertunjukan yang memukau dari Paduan Suara Ikatan Notaris Indonesia dan Tim Angklung Pengurus daerah notaris Jakarta Timur, Ikatan Notaris Indonesia.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama