KAI Commuter Beri Beasiswa Murid SMP Labschool Pemenang ISTEC 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com – KAI Commuter memberikan beasiswa kepada empat siswi SMP Labschool Jakarta. Para siswi ini, berprestasi di ajang International Science Technology and Engineering Competition (ISTEC) 2024.



Di ajang tersebut, para siswi bercerita terkait efektifitas kereta khusus wanita (KKW) yang dapat mencegah pelecehan seksual terhadap wanita di dalam transportasi publik, khususnya commuter line Jabodetabek yang membawa penumpang hingga 1 juta orang per hari.


“Hasil tersebut bisa sebagai bukti, KKW merupakan salah satu inovasi KAI Commuter yang efektif dalam mencegah tindak pelecehan seksual,” ujar Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto, dalam keterangannya pada Senin (13/5/2024).


Dia menjelaskan, KAI Commuter juga terus menghadirkan inovasi dalam pencegahan tindak kriminal yaitu sistem analytic recognition (CCTV Analytic) atau sistem CCTV yang dapat mengidentifikasi melalui rekam wajah pelaku tindak kriminal. 


“CCTV Analytic ini dapat mencegah tindak kejahatan karena dapat merekam wajah pelaku tindak kriminal yang sudah terekam di database sistem,” imbuhnya.


Selain itu, KAI Commuter juga memberlakukan regulasi dengan melarang dan memblokir pelaku tindak kejahatan saat akan masuk ke stasiun maupun dalam membeli tiket yang sudah dimasukan ke sistem CCTV Analytic dan sistem pembelian tiket kereta api. 


Menurutnya, saat menghadapi situasi yang tidak menyenangkan atau mengalami tindakan kriminal segera lapor petugas yang ada di Commuter Line maupun di area Stasiun. Selain itu, pengguna juga bisa berteriak untuk mendapatkan perhatian pengguna lainnya, atau juga bisa gunakan benda atau barang-barang bawaannya sebagai alat untuk membela diri. 


“KAI Commuter siap memberikan dukungan penuh dengan melindungi dan mendampingi korban tindak kejahatan dalam proses hukumnya,” pungkasnya. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama