Menhub Dorong Pengembangan Transportasi Cerdas

JAKARTA, suarapembaharuan.com - The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia-Pacific Forum 2024 atau Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik ke-19 Tahun 2024, bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi. Antara pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat sipil di industri transportasi. 


Ist

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan itu pada Forum ITS Asia Pasifik ke-19 di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.


Menhub pun mendorong partisipasi aktif dari para peserta untuk mengembangkan solusi dan kerangka kolaborasi transportasi cerdas dan konektivitas tanpa batas.


“Kami juga menyambut baik peluncuran Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility yang digagas oleh ITS Indonesia. Sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan mobilitas perkotaan yang bermanfaat bagi perekonomian yang berguna bagi masyarakat dan ramah lingkungan,” ungkapnya.


Deklarasi Jakarta tersebut, kata Budi, berisi berbagai gagasan penting dalam upaya mendukung pembangunan Sistem Transportasi Cerdas. Di antaranya, terkait pentingnya mendorong konektivitas regional di era transportasi berbasis digital.


“Hal ini memerlukan pengembangan kebijakan dan strategi yang mempertimbangkan keberagaman kebutuhan dan tantangan setiap negara,” ungkapnya.


Kemudian, sebut Budi, Deklarasi Jakarta juga mendorong pengembangan sarana dan prasarana transportasi darat yang inklusif. Sehingga aksesibilitas dan inklusivitas dapat dinikmati seluruh segmen masyarakat.


“Integrasi berbagai moda transportasi juga menjadi prioritas. Dengan menciptakan sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan di Asia dan Pasifik, kita dapat memajukan solusi transportasi multimoda,” ujarnya.


Selain itu, tutur Budi, Deklarasi Jakarta juga membahas solusi dan inisiatif baru pada tingkat global, regional, dan nasional untuk mempercepat kemajuan bersama menuju Sasaran Pembangunan Berkelanjutan 2030.


“Untuk mencapai tujuan bersama, kita harus mengedepankan kemitraan dan komitmen untuk meningkatkan dan mempercepat implementasi Sistem Transportasi Cerdas. Mengeksplorasi mekanisme dan strategi pembiayaan yang kreatif dengan melibatkan banyak pemangku kepentingan merupakan kunci untuk mendanai pembangunan infrastruktur transportasi yang cerdas dan berkelanjutan,” terangnya.


Hadir pada acara ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid.


Para Menteri Transportasi Negara Anggota ITS Asia Pasifik beserta delegasi, serta para Duta Besar Negara Sahabat dan Pimpinan Organisasi Internasional.


Kategori : News


Editor      : YZS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama