Menparekraf Perkuat Peran Komunitas dalam Pembangunan Sektor Parekraf di IKN

BALIKPAPAN, suarapembaharuan.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno secara langsung bertemu dengan komunitas yang merupakan salah satu garda terdepan dalam menyukseskan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kalimantan Timur secara keseluruhan.


Ist

Menparekraf Sandiaga pada kegiatan Netas (Nemuin Komunitas) yang berlangsung di Hitam Manis Kedai Kopi, Balikpapan, Rabu (1/5/2024), mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sepanjang tahun 2023 menunjukkan perkembangan positif.


Tercatat kontribusi PDB pariwisata diperkirakan mencapai 4 persen dengan nilai tambah ekraf sebesar Rp1.050 triliun. Dan nilai devisa pariwisata hingga September 2023 tercatat 10,46 miliar dolar AS.


Sementara, sektor ekonomi kreatif Indonesia telah mencapai 8 persen kontribusinya terhadap ekonomi Indonesia. Menempatkan posisi Indonesia ketiga besar dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.


Menparekraf Sandiaga mengatakan, pencapaian tersebut berkat kerja sama yang baik dari semua pihak terkait termasuk komunitas. Karenanya, peran komunitas sangat penting dalam menyukseskan pembangunan di wilayah IKN, utamanya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.


"Komunitas yang akan menjadi local heroes. Kalian yang akan mengisi IKN dengn karya terbaik yang kalian miliki, sehingga mampu menciptakan produk ekonomi kreatif yang dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas," kata Sandiaga.


Menparekraf Sandiaga juga memberikan berbagai program pelatihan, pemasaran, hingga membuka akses pembiayaan bagi komunitas di Kalimantan Timur agar peran komunitas semakin kuat dalam membangun kawasan IKN.


Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, menegaskan bahwa komunitas bukan pemain kecil justru komunitas menjadi tokoh-tokoh yang bukan saja menghidupkan, tapi juga menggerakkan, mengembangkan, dan mempertahankan berbagai hal terkait seni budaya.


"Kita harus lebih high profile, jangan menjadikan diri kita sebagai pemain yang tidak berarti. Tapi justru kitalah garda terdepan atau ujung tombak," kata Hetifah.


Hetifah menyampaikan harapannya kepada para pemangku kebijakan untuk terus menyinergikan dan menyosialisasikan program-program yang dapat dikolaborasikan dengan komunitas yang ada di wilayah IKN demi kemajuan ekonomi.


"Dan untuk teman-teman komunitas sendiri teruslah bergerak, berkarya, dan berkreasi, kembangkan diri," kata Hetifah.


Produser dan News Anchor Kalimantan Timur TVRI, I Made Kertayasa, menyampaikan pihaknya siap mendukung program kerja Kemenparekraf dalam upaya peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di kawasan IKN dan daerah penyangga lainnya.


"Karena kolaborasi adalah kunci dari pengembangan daerah ke depan," kata Made.


Menparekraf didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.


Hadir pula Kepala Direktur Budparekraf Otorita IKN, Mukhsin; Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Ririn Sari Dewi; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Ratih Kusuma; dan Ketua Komisi Ekraf Kaltim, Erwiyantono.


Kategori : News


Editor     : PAS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama