Pemkab Bekasi Dapat Bantuan Dana Benahi Kawasan Kumuh

BEKASI, suarapembaharuan.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dapat bantuan dana dari Pemprov Jawa Barat untuk membenahi kawasan kumuh. Dana berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 2,3 miliar bakal dikucurkan tahun ini.


Foto: Pemkab Bekasi akan benahi kawasan kumuh melalui perbaikan drainase, pemasangan lampu PJU, serta penyediaan sistem pengelolaan air limbah domestik (SPALD) setempat. (Ist)

“Kami telah ajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan telah disetujui sebesar Rp 2,3 miliar tahun ini,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir, Minggu (26/5/2024).  


Dia menjelaskan, program yang dinamakan “Bang Fatur Berdasi dan Berkumis” ini, merupakan inovasi pembangunan infrastruktur untuk mengurangi permukiman kumuh di Kabupaten Bekasi.


Program ini, kata dia, dimulai dengan melakukan perbaikan drainase, pembangunan jalan lingkungan, pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) hingga melakukan bedah rumah disertai dengan penyediaan sistem pengelolaan air limbah domestik (SPALD) setempat.


“Ini merupakan upaya Pemkab Bekasi menekan angka kemiskinan dan mengurangi kawasan kumuh yang dapat memicu angka stunting dan berbagai penyakit,” imbuhnya.


Pemkab Bekasi akan memulai melakukan pembenahan kawasan kumuh di Desa Sukajaya, Kecamatan Cibitung. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama