Rumah Sakit Royal Progress Hadirkan Pelayanan Penanganan Penyakit Varises Dengan Metode EVLA

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Penyakit varises merupakan kondisi masalah kesehatan yang umum terjadi pada orang dewasa maupun lanjut usia yang timbul akibat pembuluh darah vena menjadi melebar dan berkelok yang disertai dengan gangguan sirkulasi darah di dalamnya dan menyebabkan sumbatan aliran darah melalui vena untuk kembali ke jantung sehingga darah mencoba menembus katup dari sistem penyambung yang berimbas pada munculnya rasa pegal, ketidaknyamanan sudah tidak lagi dianggap hal yang biasa. 



Karena bila terlambat penangannya atau salah dalam mengambil metode pengobatannya, akan membuat komplikasi penyakit lain dan dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya.


Hal itu diungkapkan Dokter Spesialis Bedah Sub Spesialis BVE Rumah Sakit Royal Progress Sunter Jakarta Utara, dr Hendra Wibowo dalam keterangannya pada media, Jumat (3/5/2024).


"Penyakit varises bukan lagi hanya bisa dianggap penyakit biasa karena dapat menurunkan kepercayaan diri, mengganggu penampilan dan secara fungsional akan mengganggu aktivitas penderitanya karena akan menimbulkan keluhan pegal dan linu. Bila telat penangannya maka akan menyebabkan luka pada pembuluh darah dan dapat menimbulkan infeksi yang berakibat munculnya penyakit lain atau biasa kita sebut komplikasi," ungkap dr Hendra.


dr Hendra menyebut, perawatan yang paling mudah untuk mencegah timbulnya varises adalah dengan menggunakan pemakaian stoking kompresi yang diharapkan dapat mengurangi pembengkakan.


"Dalam kasus yang parah, pembedahan dengan jalan melakukan operasi  mungkin diperlukan untuk mengangkat varises yang sangat besar atau mengganggu. Sedangkan, dalam kasus yang masih dapat dilakukan terapi, perawatan lain seperti skleroterapi (suntikan untuk menutup pembuluh darah yang terkena atau pembedahan mungkin diperlukan). Dokter akan dapat mendiagnosa dan memberikan pengobatan terbaik berdasarkan tingkat keparahan kondisi varises pasien," tegasnya.



Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Royal Progress, dr.  Ivan R Setiadarma menyebut terkait penyelesaian masalah untuk menghilangkan varises dengan menggunakan metode operasi, pihaknya menawarkan metode baru dengan penanganan menggunakan metode laser yang dikenal dengan nama Endovenous Laser Ablation (EVLA), yang merupakan salah satu metode pengobatan varises tanpa melakukan pembedahan besar atau minimal invasif.


"Penanganan pengobatan dengan penggunaan metode EVLA ini merupakan bentuk komitmen kami memberikan pelayanan kesehatan menyeluruh dan terintegrasi kepada masyarakat karena dengan menggunakan metode ini, pasien hanya butuh penanganan selama 1 jam yang ditangani menggunakan melibatkan penggunaan laser endovenous yang diarahkan ke dalam vena yang terganggu melalui kateter dimana laser ini menghasilkan panas yang berfungsi untuk dapat menutup vena yang bermasalah yang dapat memungkinkan perbaikan yang tepat dan signifikan," tambahnya.


"Dengan metode EVLA yang efektif dan minimal invasif, tingkat keberhasilan penyembuhan akan meningkat dan cepat. Selain itu penyembuhan menggunakan metode ini akan mempercepat kesembuhan pasien agar bisa kembali beraktivitas lagi yang berbanding jauh bila pasien menggunakan metode operasi varises biasa," tandasnya.


Untuk menghindari dan mencegah seseorang terkena varises, hal yang paling wajib dilakukan adalah menjaga berat badan yang sehat, berolahraga secara rutin, istirahat teratur selama waktu duduk atau berdiri yang lama, dan mengangkat kaki Anda jika memungkinkan supaya tidak diam terlalu lama.


Selain itu, dengan perawatan dan penangan yang tepat permasalahan varises ini akan mengurangi resiko ketidaknyamanan dan resiko komplikasi penyakit lainnya. Sehingga penyakit varises jangan lagi dianggap sebagai penyakit biasa.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama