Tuan Rumah Kabupaten Bekasi Masuk Final MTQ ke-38 Jawa Barat

BEKASI, suarapembaharuan.com – Kabupaten Bekasi selaku tuan rumah, masuk babak final di beberapa cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Tingkat Jawa Barat. Dengan hasil ini, Kabupaten Bekasi optimistis meraih juara tertinggi di gelaran MTQ ke-38. 


Foto: Kabupaten Bekasi optimistis meraih juara tertinggi di ajang MTQ ke-38 Tingkat Jawa Barat.

Beberapa cabang lomba yang masuk babak final antara lain Cabang Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) putra dan putri. 


“Hari ini, peserta MSQ yang masuk final ada enam regu dari Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung,” ujar Ketua Majelis Dewan Hakim Cabang MSQ, Dede Suherman, Jumat (3/5/2024).


Kabupaten Bekasi merupakan satu-satunya peserta MSQ yang berhasil mengirim dua regu sekaligus yakni putra dan putri ke babak final. 


Dia menjelaskan, MSQ merupakan salah satu cabang lomba yang menampilkan kemampuan peserta dari tiga aspek penilaian yakni bidang terjemahan dan materi Alquran; bidang retorika serta aspek penilaian dari tilawah Al Quran.


Sementara itu, dua kafilah Kabupaten Bekasi masuk babak final Cabang Tahfidz 20 Juz. Dua nama tersebut adalah Thaariq di Cabang Tahfidz 20 Juz Putra dan Sumayyah di Cabang Tahfidz 20 Juz Putri. 


“Kami optimistis, bisa memberikan hasil terbaik di Cabang Tahfidz 20 Juz Putri dan Putra,” kata Sumayyah. 


Senada dengan Sumayyah, Thaariq juga menyampaikan optimistis bisa meraih hasil terbaik.


Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Barat, KH. Jajang Apipudin, menambahkan MTQ ke-38 telah menyelesaikan babak final di tiga cabang yaitu Cabang Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) dan Tafsir Quran. 


Tiga cabang lomba lainnya, telah masuk babak final pada hari kemarin yakni Cabang Karya Tulis Ilmiah Quran (KTIQ) dan Cabang Musabaqah Khat Quran (MKQ). 


“Total, ada enam cabang yang telah merampungkan babak final,” sambung Jajang.  


Menurut Jajang, MTQ Tingkat Provinsi merupakan ikhtiar LPTQ Jawa Barat menjaring talenta, yang dapat mewakili Provinsi Jawa Barat di panggung bergengsi MTQ tingkat nasional pada September 2024 nanti. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama