Fazri Efendi Pasaribu Dilantik Jadi Ketua Umum Ikatan Masyarakat Tapteng – Sibolga Provinsi Sumut Periode 2023 – 2028

MEDAN, suarapembaharuan.com - Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut), diwakili Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Ir.Muhammad Arman Effendi Pohan, melantik Pengurus Ikatan Masyarakat Tapanuli Tengah – Sibolga di Aula Raja Inal Siregar dija Jalan Diponegoro Medan, Minggu.



Pelantikan Pengurus IMATAPTENG-SIBOLGA Periode 2023-2028 yang mengambil tema  "Masyarakat Tapanuli Tengah yang berbudaya, dan menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban Pasisi" itu dihadiri sejumlah tokoh-tokoh masyarakat Sibolga – Tapteng yang berada dimedan, serta perkumpulan etnis organisasi kemasyarakatan lainnya diantaranya, Organisasi PWM Muhammadiyah Sumut, DPW Nahdlatul Ulama Sumut, Pimpinan Cabang Alwasliyah Medan, Perkumpulan masyarakat minang Sumatera Utara, etnis melayu, Etnis Nias, Etnis Karo, Pujakesuma, Aceh Sepakat. 


Selain itu hadir juga persatuan masyarakat aek habil silboga, Hipsimas, Ikatan persaudaraan sorkam, perkumpulan Barus Mudik, Perkumpulan Pengajian Poriaha, Perkumpulan pengajian Tukka, Imatatsi, serta undangan lainnya.


 Sebelum Pelantikan dilakukan, ketua panitia Silaturrahim dan Pelantikan Pengurus Imatapteng-Sibolga Periode 2023-2028, Syarifuddin Falam menyampaikan salam hormat dan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan masyarakat Sibolga – Tapteng kepada Pengurus Imatapteng – Sibolga. “ saya sangat terharu melihat dukungan dan kehadiran masyarakat Tapanuli tengah dan Sibolga dalam pelantikan Pengurus Imatapteng-Sibolga periode 2023-2028 ini imbuhnya “.    


Bupati Tapanuli Tengah, Dr.Sugeng Riyanta SH yang diwakili oleh Staff ahli Bupati, Wirdan Tanjung mengatakan, pemerintah kabupaten Tapanuli Tengah sangat mengapresiasi pengurus Imatapteng-Sibolga periode 2023-2028 ini, menurutnya, masyarakat Tapanuli Tengah yang berada diluar kabupaten tapteng telah banyak berbuat untuk kemajuan daerah Tapanuli Tengah. 



Tapanuli Tengah juga telah banyak melahirkan tokoh-tokoh Nasional seperti Ir.Akbar Tanjung, Jenderal Feisal Tanjung, Pengusaha terkenal Chairul Tanjung serta banyak tokoh-tokoh lainnya yang semuanya telah banyak berkontribusi untuk kemajuan masyarakat Tapanuli Tengah, salah satunya adanya SMA PLUS Matauli yang telah banyak melahirkan calon pemimpin-pemimpin bangsa masa depan.


Hal senada juga disampaikan Walikota Sibolga yang diwakili oleh Sekretaris Daerah kota Sibolga Junaidy Tanjung, “pemerintah kota Sibolga siap bersinergy dan kerjasama untuk memajukan masyarakat Imatapteng-Sibolga baik yang ada diluar kota Sibolga maupun yang ada di Sibolga, ujar sekda” Sekda menambahkan, saat ini kota sibolga sedang giat berbenah dan membangun sarana pariwisata untuk menarik para wisatawan dari luar agar mau berkunjung ke kota sibolga.


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani  yang juga duduk sebagai Dewan Pakar di pengurusan Imatapteng – Sibolga ini mengajak seluruh masyarakat baik yang ada di Tapanuli Tengah – Sibolga maupun yang berada di luar Tapteng-Sibolga agar kompak bahu membahu membesarkan Imatapteng – Sibolga. 


“Pengurus Imatapteng – Sibolga periode 2023-2028 sudah dilantik, marilah kita beri kesempatan kepada pengurus terpilih yang saya lihat pengurus-pengurus ini adalah orang-orang yang kompeten dapat membesarkan dan  membawa Imatapteng – Sibolga lebih baik. Rahmansyah juga memberikan bantuan 1 Unit Ambulance yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat khususnya masyarakat Sibolga – Tapteng yang berada di Medan sekitarnya," ujarnya.


Gubernur Sumatera Utara Hassanudin yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Ir.M.A. Effendi Pohan, usai melantik dan pengucapan ikrar pengurus Imatapteng- Sibolga periode 2023-2028, mengatakan pemerintah propinsi Sumatera Utara siap bersinergi dan mendukung program-program yang direncanakan pengurus Imatapteng- Sibolga. Effendi Pohan yang pernah menjabat sebagai wakil Bupati Tapanuli Tengah 2006 – 2011 mengatakan tapanuli tengah tidak bisa dipisahkan dari dirinya. “ lebih separoh karir saya dipemerintahan ada ditapanuli tengah” ujarnya. 



Ketua Umum Pengurus Imatapteng-Sibolga 2023-2028 Fazri Efendi Pasaribu mengatakan ada tiga  langkah awal program kerja pengurus baru.


1. Membentuk tempat sekretariat baru yang digunakan untuk tempat berkumpul badusanak (berkeluarga) masyarakat Tap-Teng Sibolga.


2. Mendata ulang seluruh masyarakat Tap-Teng- Sibolga, yang ada dikota medan sekitarnya, dengan ini akan mengetahui dan lebih mengeratkan Pasudasanakan (persaudaraan) di negeri rantau khususnya di Kota Medan dan sekitarnya.


3. Dengan adanya perkumpulan ini, akan menampung keluhan masyarakat Tap-Teng-Sibolga di negeri rantau, dan akan mencarikan solusi jika ada persoalan yang perlu diselesaikan. 


Acara pelantikan disertai dengan acara adat, diarak dengan  Sikambang tanda dimulainya acara dengan mengiringi ketua Terpilih  Fazri Efendi Pasaribu dengan memakai pakaian adat Khas Pesisir Barus, sesuaikan dengan Tema acara, menjunjung nilai-nilai Peradaban Pasisi. (Bat)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama