KSAD dan Mentan Panen Bawang Merah di Bekasi, Omzet Capai Rp 6 Miliar

BEKASI, suarapembaharuan.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjuntak dan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman panen raya bawang merah di Cibitung, Kabupaten Bekasi. Lahan seluas 13 hektare menghasilkan bawang merah hingga mencapai Rp 6 miliar.


Foto: KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Mentan Andi Amran Sulaiman panen raya bawang merah di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (11/6/2024).

Panen bawang merah berlokasi di lahan “urban farming” milik Korem 051/Wijakarta di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Ini merupakan upaya TNI memperkuat ketahanan pangan untuk mengendalikan inflasi.


“Ini adalah langkah tepat untuk menjaga inflasi. Inflasi kita berada di 2,5 persen,” ujar Mentan Andi Amran Sulaiman usai panen raya bawang merah di Cibitung, Selasa (11/6/2024).


Dia menjelaskan, Maruli Simanjuntak ahli di bidang pengairan dan pangan, terutama komoditas bawang merah. “Kita patut bangga dengan TNI,” tuturnya.


Menurutnya, panen raya bawang merah ini adalah bentuk sinergi antara Kementan dengan TNI AD. Awalnya, budidaya bawang merah ini bermodal Rp 2,5 miliar dan pendapatan kotor mencapai Rp 6 miliar. 


Sementara itu, Maruli Simanjuntak menambahkan program “urban farming” yang juga dilaksanakan di wilayah lain, merupakan upaya TNI AD mendukung program pemerintah mencetak lahan pertanian di perkotaan.


“Urban farming harus dilakukan secara efektif untuk penguatan ketersediaan pangan,” ungkapnya.


Lahan pertanian tersebut, kata dia, bisa di mana saja seperti di bawah jembatan, pinggir jalan tol serta lahan-lahan tidur lainnya. 


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mendukung inovasi program Ketahanan Pangan Nasional yang digagas TNI AD dengan Kementan dalam mengembangkan lahan pertanian.  


“Pemkab Bekasi menyambut baik, inovasi TNI AD dan Kementan dalam mengembangkan lahan pertanian. Diharapkan, bisa berkontribusi menekan angka inflasi,” ungkap Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna. 


Panen raya tersebut juga dihadiri Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama