Edy Rahmayadi: Jangan Biarkan Covid-19 Kembali Berulang Tahun

MEDAN, suarapembaharuan.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi kembali mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.


Istimewa


Pesan mantan Pangkostrad itu disampaikan melalui Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, mengingat pada tanggal 2 Maret 2021 mendatang, pandemi Covid-19 itu genap selama satu tahun.



"Pada awal bulan Februari mendatang, penyebaran virus corona di Tanah Air, termasuk yang melanda Sumut, secara perdana genap berulang tahun," ujar Alwi Mujahit Hasibuan, Rabu (24/2/2021).



Alwi Mujahit mengingatkan, masyarakat tidak membiarkan penyebaran virus corona itu terus berlangsung. Masyarakat diminta bersatu bersama pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 tersebut.



"Kita semua diminta untuk tidak membiarkan virus corona ini berulang tahun pada tahun kedua maupun ketiga di tahun - tahun mendatang. Saat ini, kuncinya ada di tangan masyarakat itu sendiri," kata Alwi Mujahit.



Menurutnya, akumulasi kasus terkonfirmasi di Sumut hingga 23 Februari 202ql1, sebanyak 23.894 orang. Berdasarkan jumlah itu, sebanyak 20.667 orang dapat disembuhkan. Persentase kesembuhan sebanyak 86,5%.



"Angka kesembuhan di Sumut ini lebih tinggi dari tingkat nasional, sebesar 86,1%. Untuk kasus kematian sebanyak 819 orang. Belakangan ini, kasus kematian sebanyak 3-4 orang dalam sehari," ungkapnya.



Disebutkan, jumlah pasien terkonfirmasi yang masih menjalani perawatan di ruang isolasi sebanyak 2.408 orang, atau sekitar 10,1%. Sedangkan tingkat positivity rate 7,2%, atau lebih baik dari nasional 18,6%. Total speciement yang diperiksa 331.231.



"Positivity rate maksudnya dari 1.000 orang yang diperiksa, hanya 72 orang yang positif covid, jadi positivity rate Sumut masih lebih baik dari nasional," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama