Gerbong Polri Bergerak, Komjen Agus Jabat Kabareskrim dan Irjen Panca Putra Jabat Kapolda Sumut

JAKARTA - Untuk pertama kali, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang dilantik Presiden Joko Widodo, pada 27 Januari kemarin, menggerakkan gerbong perwira tinggi (Pati) Polri, Kamis (18/2/2021).

 

istimewa

Berdasarkan telegram Kapolri ST/318/III/KEP/2021 tertanggal 18 Februari 2021, posisi Kabareskrim yang sebelumnya ditinggalkan Listyo Sigit diisi oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto.


Jabatan Agus Andrianto digantikan oleh Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto. Sedangkan jabatan Kalemdiklat Polri akan ditempati oleh Kabaintelkam Komjen Rycko Amelza Dahniel.


Dalam gerbong rotasi pati Polri tersebut, Kapolri Listyo Sigit juga mempromosikan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw untuk menjadi Kabaintelkam Polri, menggantikan Komjen Rycko Amelza.


Secara otomatis, Paulus Waterpauw yang sudah 2 kali menjabat sebagai Kapolda di Papua, dan pernah menjabat sebagai Kapolda Sumut, akan naik pangkat menjadi bintang tiga, sebagai Komjen Pol.


Posisi Paulus Waterpauw digantikan oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol Mathius D Fakhiri. Mathius juga bakal mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Irjen Pol atas jabatan Kapolda Papua tersebut.


Tidak hanya Kapolda Papua, pergerakan pati Polri oleh Kapolri Listyo Sigit, juga menggeser jabatan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin. Berbedan dengan Paulus Waterpauw, Martuani Sormin duduki jabatan Koorsahli Kapolri.


Jabatan Kapolda Sumut diisi oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol RZ Panca Putra. Sedangkan Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto persiapan pensiun dan diganti oleh Asrena Kapolri Irjen Hendro Sugiatno.


Wakabareskrim Irjen Wahyu Hadiningrat jadi Asrena Kapolri. Kursinya diisi Dir Tipiter Brigjen Syahardiantono. Terkait rotasi Pati Polri tersebut, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan itu. “Benar ada telegram,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama