Lembaga Survei: Airlangga Capres Paling Potensial 2024

JAKARTA - Nama Airlangga Hartarto melambung tinggi sebagai calon presiden paling potensial dalam bursa pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024 mendatang. 




Berdasarkan hasil penelitian Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium, suara untuk Airlangga lebih potensial dibanding Megawati Soekarnoputri maupun Prabowo Subianto.



Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium, Daniel Zafnat Paneah, Kamis.(11/2/21) mengatakan, nama Airlangga berada jauh di atas Surya Paloh, Muhaimin Iskandar.



Kemudian, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, ketua umum partai politik lainnya  maupun pesohor di Tanah Air, tidak dapat mengimbangi Airlangga.



"Hasil ini terlihat dari survei dengan melalui telepon terhadap 1.324 responden. Sampel dalam survei dilakukan secara acak, dan dengan rentang umur 17 tahun ke atas.



Menurutnya, sampel diambil dari 420 kabupaten/kota di Indonesia. Dalam survei tersebut, nama seluruh ketua umum dimasukkan dalam kategori pencapresan.



Dengan menempatkan surveyor yang sudah terlatih, setiap responden diberikan pertanyaan terbuka mengenai tokoh ketua umum partai politik yang paling mereka kenal. 



"Berdasarkan hasil survei tentang ketua umum partai politik yang paling dikenal, sebabyak 97,70% responden mengenal Megawati Soekarnoputri," kata Daniel Zafnat Paneah. 



Kemudian, Prabowo Subianto berada pada urutan kedua dengan hasol 97,40%, Airlangga Hartarto 78,60% di urutan ketiga dan Surya Paloh diurutan keempat 77,90%.



Setelah itu, Muhaimin Iskandar 76,80% , Agus Harimurti Yudhoyono 74,60% dan ketua umum lainnya 40,4 persen. Namun persentase ini berbeda membahas tentang pencapresan.



Ketika responden ditanya tentang pencapresan ketua umum partai politik, dengan mengambik 1.324 responden di berbagai daerah, Airlangga menjadi pilihan.



"Sebanyak 29,70% menyatakan memilih Airlangga Hartarto. Urutan kedua nama Prabowo Subianto dengan tingkat keterpilihan 21.70% dan AHY dengan tingkat keterpilihan 18,905," ungkapnya. 



Berbeda dengan Putri Proklamator RI Soekarno, Megawati Soekarnoputri berada pada urutan empat dengan keterpilihan 10.80%. Muhaimin Iskandar 5,80%.dan Surya Paloh 4,20 %.



"Selain itu, nama Zulkifli Hasan sebagai Keyua Umum PAN sebesar 1,30%, Ahmad Syaiku sebanyak 1,20%, Suharso Manoarfa 1,10% dan 5,30% responden tidak memilih," ucap Daniel.



Menurutnya, Survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium ini dilakukan mulai tanggal 5-16 Januari 2021, yang memiliki margin of error 2,7% dengan tingkat kepercayaan 95%. 



Survei ini menggunakan metode Home Location Register (HLR). Hasil ini berbanding terbalik dengan survei aebelumnya, yang mana Airlangga berada di posisi ketiga.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama