Wapres Ma'ruf Amin: Vaksinasi Atlet Penting untuk Prestasi Olahraga Indonesia

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada atlet, pelatih, hingga tenaga pendukung di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/2/2021). 


Istimewa


Pelaksanaan vaksinasi untuk para atlet ini diprioritaskan bagi mereka yang akan bertanding dalam kompetisi pada level nasional maupun internasional.


Dalam peninjauannya, Wapres didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. Hadir juga Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 


Wapres dan rombongan terlihat berbincang dan menyemangati para peserta vaksinasi ini disela-sela penyuntikan. 


Adapun atlet yang terlihat dalam kesempatan itu seperti pebulutangkis Jonathan Christie, Hendra Setiawan, Mohamad Ahsan, Greysia Polli, dan Anthony Gintig. Tak hanya itu, juga ada atlet lari dan atlet disabilitas. 


"Vaksinasi atlet ini penting, termasuk juga prioritas, terutama mereka yang akan mengikuti beberapa event. Maka, mereka harus kita siapkan supaya fisik mereka baik," kata Wapres usai peninjauannya. 


Vaksinasi atlet ini, kata Wapres juga penting untuk mereka bisa mengharumkan nama bangsa saat berlaga, khususnya pada tingkat internasional. 


Wapres menyebut kompetisi olahraga tingkat internasional merupakan satu dari dua kesempatan Bendera Merah Putih dikibarkan dan Lagu Indonesia Raya dikumandangkan. 


"Yang kita harapkan, atlet ini representasi kelompok yang secara fisik kuat. Sehingga melalui vaksinasi ini, akan menjadi motivasi bagi masyarakat bahwa atlet setelah divaksin itu tetap sehat, kuat. Jadi bisa memberikan motivasi kepada yang lain," terang Wapres. 


Sementara itu, Menpora Amali menjelaskan vaksinasi bagi atlet, pelatih dan tenaga pendukung ini adalah tahap pertama. Ini merupakan hasil kerja sama Kemenpora, Kemenkes, KONI, pimpinan cabang olahraga, hingga stakeholder terkait lainnya 


"Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk selanjutnya yang didaerah, tentu akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat," ujarnya.


Senada dengan Wapres, Menpora Amali kembali menegaskan bahwa atlet yang divaksin ini merupakan mereka yang akan melakukan kegiatan turnamen, kompetisi dalam waktu dekat. 


"Mereka yang di pelatnas, bersiap untuk mengikuti kejuaraan seperti olimpiade maupun SEA Games. Vaksin ini juga akan diperluas ke daerah ya, bagi mereka yang akan mengikuti PON Papua," jelas Menpora Amali.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama