Waspada, BMKG Pantau 38 Titik Panas di Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com -  Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) memantau 38 titik panas yang tersebar pada.11 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut). 




Berdasarkan data BMKG Wilayah I Medan sesuainpantauan sensor modis NOAA20, titik panas paling banyak terdapat di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), yang terpantau 9 titik panas.



Selain di Madina, titik panas terpantau 8 titik di Kota Sibolga, 7 titik panas ada di Tanah Karo, 4 titik panas di Dairi, 2 titik panas di Humbang Hasundutan.



"Kemudian satu titik panas terpantau Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Selatan, Toba Samosir, Asahan, dan Labuhanbatu," tulis BMKG dalam rilisnya. 



Untuk prakiraan cuaca, pada sore hingga malam hari terjadi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumut. Suhu udara 25-33 derajat Celcius, kelembapan udara 65-95 persen dan angin berhembus dari Utara-Timur Laut dengan kecepatan 5-25 km/jam.


Begitu juga dengan prakiraan gelombang laut di Samudera Hindia barat Nias dengan ketinggian mencapai 2,5-4 meter, Perairan Utara Sabang, Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias – Sibolga dengan ketinggian 1,25-2,5 meter.


Sementara itu, Selat Malaka Bagian Tengah, Perairan Lhokseumawe, Perairan Sabang-Banda Aceh gelombang mencapai 0,5-1,25 meter.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama