Waspadai Erupsi Susulan Gunung Sinabung

KARO - Aktivitas Gunung Sinabung yang terletak di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), masih tinggi. Ini terlihat dari setelah gunung aktif sejak tahun 2010 lalu, kembali melontarkan guguran awan panas dengan jarak luncur 2500 meter ke arah Selatan, Sabtu (6/2/2021) kemarin.


Istimewa


Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Armen Putra mengatakan, erupsi gunung merapi yang memiliki ketinggian sekitar 2.460 meter itu masih membahayakan bagi masyarakat jika masuk ke zona merah. 



"Guguran awan panas yang terjadi akhir pekan lalu harus diwaspadai oleh masyarakat maupun wisatawan. Jangan sampai ada warga yang berani mengambil resiko besar, apalagi jika mempertaruhkan nyawa," ujar Armen Putra, Minggu (7/2/2021).



Armen menyebutkan, dengan adanya luncuran awan panas maka potensi bahaya semakin tinggi. Dia mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kesiap siagaan.



“Kita mengimbau masyarakat dan pengunjung agar Zona Merah, urungkan niat beraktivitas sampai memang betul - betul keadaan Gunung Sinabung kembali aman,” sebutnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama