TNI/Polri Patroli di Kaki Gunung Sinabung

KARO, suarapembaharuan.com - Aparat gabungan meliputi TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meningkatkan patroli dan melakukan penjagaan di setiap pintu masuk menuju kaki Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut).




Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Karo, Natanail Paranginangin mengatakan, pengamanan ekstra ketat di setiap pintu masuk ini karena aktivitas Gunung Sinabung semakin meningkat belakangan ini.


"Selama aktivitas Sinabung mengalami peningkatan, masyarakat dan wisatawan dilarang untuk melakukan aktivitas dengan radius 3 km dari puncak Sinabung, sekitar 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk Sektor Timur-Utara," ujar Natanail, Rabu  (3/3/2021).


Natanail menyampaikan, ada 4 kecamatan di Tanah Karo yang berada di sekitar kaki Sinabung. Pemukiman ini sangat rawan jika gunung merapi itu kembali erupsi. Lokasi itu sudah dikosongkan dari segala aktivitas masyarakat.


Adapun kawasan rawan erupsi Sinabung yang berada di kaki gunung merapi yang aktif sejak tahun 2010 lalu adalah Kecamatan Naman Teran, Merdeka, Berastagi, dan Dolat Rayat di Kabupaten Tanah Karo.


"Petugas juga dilengkapi dengan armada angkutan juga meningkatkan patroli di sekitar kaki Sinabung. Patroli sengaja dilakukan guna memastikan kondisi desa benar - benar kosong dan menghindari aksi pencurian di desa itu," katanya.




Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra menyampaikan, aktivitas Gunung Sinabung mengalami peningkatan selama beberapa hari belakangan ini. Oleh karena itu, masyarakat maupun wisatawan dilarang masuk ke zona larangan itu.


"Beberapa kawasan menuju kaki Gunung Sinabung ini sangat rawan jika dimasuki oleh masyarakat maupun wisatawan. Sebab, jika terjadi erupsi susulan maka bisa beresiko pada jatuhnya korban jiwa," sebutnya. 


Salah satu lokasi wisata di Kaki Gunung Sinabung ini adalah Danau Lau Kawar yang berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Tanah Karo. Lokasi wisata ini sudah ditutup.


Menurut Armen, larangan berwisata ke Danau Lau Kawar karena dianggap membahayakan keselamatan orang. Lokasi wisata Danau Lau Kawar berada tidak jauh dari kawasan kaki Gunung Sinabung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama