Apresiasi Poldasu, Maruli Siahaan: Usut Tuntas Pratek Rapid Tes Gunakan Alat Bekas di KNIA

MEDAN, suarapembaharuan.com - Penggerebekan praktek rapid tes anti gen yang diduga menggunakan alat steril swab stuck bekas terhadap calon penumpang di Bandara KNIA menjadi sorotan nasional. 


Istimewa

Peristiwa ini baru pertama kali terbongkar di Indonesia apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19, masih ada oknum yang memanfaatkan situasi untuk memperkeruh suasana dan untuk kepentingan diri sendiri.


Kombes Pol (Purn) Dr.Maruli Siahaan SH.MH, sangat mengapresiasi Polda Sumut yang membongkar praktek kotor tersebut.


"Kita patut apresiasi kinerja Poldasu. Kita berharap agar Poldasu mengungkap sampai tuntas," ungkap Maruli Siahaan.


Dia menilai, bahwa perbuatan tersebut sangay biadab karena menggunakan kesempatan menguntukan diri sendiri saat situasi covid.


"Supaya diungkap siapa dibelakangnya sudah berapa lama perbuatan ini dilakukan," tegasnya.


Mantan Wadir Reskrimsus Polda Sumut itu meminta aga penyidik  mengejar uang hasil ravid tes yang sudah diterima agar disita.


Penyidik harus mengejar siapa yang menugaskan mereka. "Agar diperiksa dinas kesehatan provinsi yang menugaskan anggota tesebut," tegasnya lagi.Tidak tertutup kemungkinan ada orang berada di balik ke enam petugas medis yang diamankan tersebut.


Sembari melakukan penyelidikan, imbuh tokoh masyarakat Sumatera Utara itu, agar praktek rapid tes antigen di Bandara KNIA ditinjau kembali. Bahkan bila diperlukan yang selama ini dilakukan salah satu farmasi terbesar di Medan, diganti dengan perusahaan lain. Namun tetap harus diawasi.


Dr.Maruli Siahaan SH.MH juga meminta kepada penyidik untuk mendata orang-orang yang pernah menjalani ravid tes sweb antigen yang dilakukan para terduga pelaku. Masyarakat yang merasa pernah menjalani ravid agar memberikan keterangan ke penyidik Subdit IV/Tipidter Ditreskrimsus Poldasu.


"Kepada seluruh masyarakat dihimbau  agar hati ketika melakukan pemeriksaan ravid tes di Bandara Kualau Namu," pungkasnya.


Sebagaimana, personil Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara menggerebek lokasi pelayanan rapid tes anti gent di Bandara Kualanamu Internasional, Selasa (27/4/21).


Dari penggerebekan itu, petugas mengamankan enam orang yang diduga menyalahi aturan dengan menggunakan alat steril swab stuck bekas.


Kabid Humas Poldasu Kombes Hadi Wahyudi, S.Ik.SH, Rabu (28/4/2021) mengatakan, penyidik Subdit IV Direktorat Reskrimsus Polda Sumut masih mendalami praktek Rafid tes sweb anti gent yang diduga menggunakan alat steril swab stuck bekas bagi calon penumpang di Bandara Kuala Namu Internasional (KNIA).


Penyidik juga masih memeriksa enam orang petugas pelayanan rapid tes anti gent dari Kimia Farma, yang diamankan saat lenggerebekan. 


"Lima sampai enam orang petugas di ruangan itu yang melakukan pemeriksaan rapid test diamankan dan dimintai keterangan," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi. 


Juru bicara Poldasu itu mengatakan, ada dugaan praktek sweb anti gent itu menyalahi UU kesehatan karena menggunakan alat steril swab struck bekas.


"Praktek itu diduga melaggar  tindak pidana UU kesehatan," katanya. 


Hadi menabahkan, selain mengamankan para pekerja, petugas juga menyita barang bukti. "Alat bukti juga kita amankan, yaitu (alat rapid dan anti gent)," terang Hadi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama