Cegah Peredaran Narkoba, Petugas Rutan dan Kepolisian Razia Ruang Tahanan

MEDAN, suarapembaharuan.com - Petugas rumah tahanan (Rutan) bekerjasama dengan aparat kepolisian menggeledah kamar hunian tahanan maupun warga binaan di Rutan Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (6/4/2021) malam.


Istimewa

Penggeledahan yang dipimpin oleh Kepala Rutan I Medan, Theo Purba bersama Kapolsek Medan Helvetia Kompol Pardamean Hutahaean, yang disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sumut, Imam Suyudi.


"Penggeledahan ini dilakukan dalam upaya pemberantasan pengendalian narkoba dari dalam Lapas/Rutan. Ini merupakan komitmen kita untuk memberantas peredaran narkoba di dalam rutan. Kita membangun sinergitas dengan Polsek Helvetia," ujar Theo Purba.


Sebelum menggelar razia, kegiatan oleh petugas rutan bersama aparat kepolisian ini  diawali dengan apel bersama, yang juga diikuti langsung oleh Kapolsek Medan Helvetia, Kompol Pardamean Hutahaean beserta jajaran. Selanjutnya, seluruh tim melakukan penggeledahan di dalam rutan.


Istimewa

Dalam kegiatan penggeledahan itu, Kepala Rutan 1 Medan, Theo Purba mewakili seluruh tim juga bertegur sapa terlebih dahulu kepada warga binaan dan menyampaikan bahwasanya akan ada penggeledahan serta diharapkankan kerjasama yang baik terhadap kegiatan ini. 


Kegiatan berjalan dengan aman dan tertib sebab sesuai atensi Kepala Rutan 1 Medan bahwa penggeledahan dilakukan sesuai dengan etika dan sopan santun yang berlaku. 


Kapolsek Medan Helvetia Kompol Pardamean Hutahaean mengapresiasi komitmen yang diwujudkan oleh Kepala Rutan 1 Medan serta sinergitas yang sangat luar biasa ini. 


Istimewa

Kapolsek Helvetia dan Kepala Rutan juga melakukan penggeledahan langsung ke kamar-kamar hunian secara santun dan beretika. 


Pasca penggeledahan, Kepala Kantor wilayah Kemenkumham Sumut, Kepala Rutan 1 Medan dan Kapolsek Medan Helvetia langsung memberikan press release terkait hasil penggeledahan. 


Dari hasil penggeledahan didapati handphone, charger handphone, headset dan kabel listrik yang dilarang berada di dalam Rutan dan tidak ada satupun hasil penggeledahan berupa narkoba. 


Kepala Rutan 1 Medan, Theo Purba mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang baik ini dan diharapkan dapat terus berjalan di waktu mendatang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama