Gugur Saat Kontak Senjata, Jenazah Bharatu Anumerta Komang Dibawa ke Kampung Halaman

TIMIKA, suarapembaharuan.com - Jemazah Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha, angggota Brimob yang gugur dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, diberangkatkan dari Kota Timika, Rabu (28/4/2021).


Istimewa

Kepala Korps Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko, langsung memimpin upacara pemberangkatan jenazah, Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha, untuk diterbangkan menggunakan Pesawat Batik Air menuju Palembang.


Pesawat yang mengangkut patriot sejati ini dijadwalkan akan transit di Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) sekitar pukul 12.55 WIB. I Komang Wira Natha akan dibawa ke kampung halamannya di Desa Tegal Besar, Kecamatan Belitang, Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan.


Dalam upacara pemberangkatan ini hadir Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Agus Rohman, beserta didampingi para petinggi TNI lainnnya dari Kodam XVII/Cenderawasih.


Kakorbrimob Polri Irjen Anang mengatakan, Indonesia berduka atas gugurnya prajurit sejati Brimob di tanah Papua. Gugurnya prajurit ini menjadi bukti bahwa negara hadir di Papua untuk menciptakan kedamaian.


"Bharatu Komang gugur, kemarin jenderal kita gugur juga, dan sekarang ada dua anggota kita juga prajurit Brimob sejati yang sedang dirawat di rumah sakit. Inilah kehadiran negara di tanah yang damai, di Papua. Kita semua inginkan damai di Papua," kata Irjen Anang.


Almarhum I Komang Wira Natha, kata Irjen Anang, mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Bharatu (Anumerta). Korban gugur dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB), pada Selasa (27/4/2021), di Distrik Ilaga Utara.


Sementara dua orang anggota polri lainnya yakni Dantim Bravo 9 Belukar Ipda Anton Tonapa dan Bripka Muhammad Saefuddin, mengalami luka tembak dan masih menjalani perawatan di RSUD Mimika. Keduanya dilaporkan dalam kondisi stabil.

Lebih baru Lebih lama