Mewakili Jumlah Nabi dan Rasul, 25 Kubah di Masjid Jami Al Muhajirin Pinrang - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

17 Apr 2021

Mewakili Jumlah Nabi dan Rasul, 25 Kubah di Masjid Jami Al Muhajirin Pinrang

PINRANG, suarapembaharuan.com - Masjid Jami Al Muhajiri di Desa Ujung Lero, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki 25 kubah kecil. Angka tersebut mewakili jumlah nabi dan rasul yang wajib di imami oleh umat Muslim.

Istimewa

Masjid Jami Al Muhajirin dibangun oleh Habib Hasan asal Sulawesi Barat pada tahun 1950. Selain ada 25 kubah, masjid ini ternyata didirikan tanpa menggunakan besi sebagai kerangkanya.


Imam Masjid Jami Al Muhajirin, Habib Yusuf Bin Abdullah mengatakan, habib ini datang ke Desa Ujung Lero karena warga kampungnya sedang dibantai oleh para penjajah.


"Akhirnya habib menyingkir, hijrah ke sini. Kemudian ditawari oleh masyarakat untuk membangun masjid," ujar Habib Yusuf, Sabtu (17/4/2021).

Istimewa

Masjid ini dinamai Al Muhajirin yang memiliki arti orang-orang yang hijrah. Habib Hasan kemudian berbaur dengan masyarakat dan sudah dianggap sebagai penduduk lokal.


Pengurus masjid, Ustaz Abdul Rahman mengatakan, saat dibangun masjid ini tidak memakai rangka besi seperti umumnya bangunan-bangunan sekarang ini.


 "Tidak pakai rangka besi saat dibangun," katanya.


Terkait adanya 25 kubah di atas masjid, Abdul Rahman mengatakan, sesuai dengan jumlah nabi dan rasul yang wajib diyakini umat Muslim.


"Iya, memang ada 25 kubah, sesuai dengan jumlah nabi dan rasul," ujarnya.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here