Regu SAR Evakuasi Turis Filipina dan Pemandu di Laut Bali

DENPASAR, suarapembaharuan.com - Badan SAR Nasional berhasil mengevakuasi wisatawan asal Filipina, Agie (23) dan pemandunya, Stephanus (26), yang terombang-ambing di perairan Nusa Penida, Bali. 


Ilustrasi

Kepala Kantor SAR Denpasar, Gede Darmada mengatakan, wisatawan asal Filipina bersama pemandunya dapat diselamatkan dari tengah perairan di Nusa Penida. Keduanya lama terombang - ambing di tengah laut.


"Mereka terjebak di tengah perairan karena Jetski yang ditumpangi kehabisan bahan bakar. Jadi mereka gak bisa kembali ke daratan," kata Kepala Kantor SAR Denpasar Gede Darmada, Kamis (29/4/2021).


Dia menjelaskan, laporan berupa permintaan pertolongan tentang adanya dua jetski yang terombang-ambing diterima, pada Rabu (28/4/2021) sekitar pukul 19.00 Wita. 


Sebanyak sembilan petugas SAR lalu dikerahkan untuk melakukan pencarian  menggunakan dua unit kapal Rigit Infatable Boat (RIB). 


Sekitar pukul 21.05, kedua jetski ditemukan di koordinat 8°52'53.20"S - 115°25'27.80"E, 15 mil selatan Nusa Penida. "Evakuasi lalu dilakukan dan tiba di pelabuhan Benoa sekitar pukul 23.00 Wita," ujar Darmada. 


Kepada petugas, Agie mengatakan jetski yang ditumpangi kehabisan bahan bakar di perairan barat Nusa Penida sekitar pukul 17.00 Wita.


Kemudian, Stephanus dengan jetski untuk melakukan penarikan. Namun di tengah laut, kedua jetski itu akhirnya sama-sama kehabisan bahan bakar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama