Tidak Ada Teror Selama Ibadah Jumat Agung di Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, prosesi ibadah umat Kristiani memperingati wafatnya Isa Almasih (Jumat) Agung di Sumatera Utara (Sumut), berjalan lancar.


Istimewa

"Tidak ada teror selama prosesi ibadah oleh umat Kristiani di seluruh gereja di daerah ini. Meski berjalan aman tanpa ada gangguan, personel tetap siaga," ujar Panca Putra di Medan, Jumat (2/4/2021).


Kapolda Sumut mengemukakan hal itu setelah melakukan peninjauan ke sejumlah gereja bersama Pangdam I/ BB Mayjen TNI Hasanuddin, Kamis (1/4/2021) malam. Salah satu gereja yang dikunjungi adalah 


"Dari pemantauan saya bersama Pangdam I Bukit Barisan, dan berdasarkan laporan personil di kabupaten/kota, pelaksanaan Ibadah Jumat Agung berjalan aman dan kondusif," katanya. 


Panca mengungkapkan, operasi pengamanan ini akan terus dilakukan hingga pelaksanaan Ibadah Paskah berakhir. Di mana, setiap personil dari masing-masing wilayah diturunkan untuk mengamankan Gereja. 


"Pengamanan ini dilakukan agar kehadiran personil Polri-TNI benar-benar dapat dirasakan masyarakat saat melaksanakan ibadah, merasa aman tanpa adanya gangguan," ungkapnya.


Sementara itu, dari pemantauan di Gereja Katedral, terlihat personil gabungan Polri-TNI dengan bersenjata lengkap melaksanakan tugas pengamanan ekstra ketat di depan pintu masuk. 


Setiap Jemaat yang datang melaksanakan Ibadah Jumat Agung, dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat metal detektor mengantisipasi terjadi aksi teror bom, serta memastikan kondisi keamanan Gereja tetap terjaga dalam situasi aman terkendali.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama