Iklan

Politik

Aktivitas Gempa di Selatan Jawa Meningkat, BMKG Minta Masyarakat dan Pemda Waspada

22/05/2021, Mei 22, 2021 WIB Last Updated 2021-05-21T19:33:23Z

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut terjadi peningkatan aktivitas kegempaan di Selatan Jawa. Masyarakat khususnya pemerintah daerah diminta waspada.  

Ilustrasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, peningkatan aktivitas kegempaan di Selatan Jawa tersebut harus dibuka ke publik agar menjadi kewaspadaan tersendiri. Terutama, kepada jajaran pemerintah daerah untuk mengantisipasi adanya potensi bencana akibat peningkatan kegempaan tersebut.

 

"Kami mohon dengan info ini, pertama pemda yang berada di sepanjang pesisir Jawa ataupun provinsi yang memiliki pesisir selatan jawa, perlu mewaspadai adanya peningkatan aktivitas kegempaan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2021 ini," ujar Dwikorita konferensi pers gempa magnitudo 5,9 di Blitar, Jawa Timur melalui YouTube BMKG, Jumat (21/5/2021).

 

Hal senada juga disampaikan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno. Bambang mengatakan, sepanjang 2021 aktivitas gempa di Selatan Jawa meningkat dibanding tahun sebelumnya.

 

"Untuk Selatan Jawa, ini cukup banyak sekali aktivitas kegempaan. Di Selatan Jawa Timur juga banyak peningkatan aktivitas terlihat dari beberapa titik-titik," kata Bambang.

 

"Belum sampai lima bulan terjadi aktivitas kegempaan seperti ini. Artinya ini memang aktivitasnya cukup tinggi. Jadi memang gempanya bervariasi, ada dua, berapa sampai magnitudo 6," katanya.

Komentar

Tampilkan

Terkini