Iklan

Politik

Ridwan Kamil Ajak PPI Tiongkok Jadi Agen Diplomasi Indonesia-China

22/05/2021, Mei 22, 2021 WIB Last Updated 2021-05-21T19:08:47Z

BANDUNG - suarapembaharuan.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok menjadi agen diplomasi antara Pemerintah Indonesia dan China. Ajakan tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat menjadi narasumber Panel Simposium Nasional PPI Tiongkok 2021 melalui konferensi video dari Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jumat (21/5/2021). 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto : Istimewa)

"Jika orang Indonesia yang menarasikan hubungan bilateral ini lebih baik, salah satunya melalui ekonomi pariwisata, orang lebih percaya," ujar Ridwan Kamil.


Dalam kegiatan yang bertajuk, "Bangkitkan Pariwisata Nasional melalui Pengenalan Budaya Indonesia-Tiongkok" itu, Gubernur menilai, ajakan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan kedua negara, Indonesia dan Tiongkok. 

 

"Di luar itu juga, kami berharap agar yang namanya hubungan relasi antar dua negara itu bisa lebih jauh lebih meningkat," katanya. 


Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, PPI soft diplomasi harus bisa mengurangi prasangka masyarakat tentang hubungan Indonesia-Tiongkok, salah satunya dengan mengganti narasi politik dengan narasi yang lebih baik. 

 

"Kita gantikan dengan narasi-narasi kebudayaan, narasi saling menguntungkan dari sisi ekonomi, narasi inovasi-inovasi yang harus saling menginspirasi, dibungkus salah satunya dengan pariwisata. Ini menjadi jembatan diplomasi antara dua bangsa yang luar biasa ini," jelasnya. 

Komentar

Tampilkan

Terkini