BMKG: Nias Barat Diguncang 36 Gempa Bumi Susulan

MEDAN, suarapembaharuan.com - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mencatat 36 gempa bumi pascagempa dengan magnitudo 6,7 yang melanda Nias Barat. Dari catatan BMKG, gempa terakhir tercatat pada Sabtu pagi sekitar pukul 07.36 WIB. 

 

Ilustrasi

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hartanto mengatakan, getaran gempa bumi Nias Barat getarannya dirasakan di beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Barat. Beberapa daerah yang merasakan getaran yakni Gunung Sitoli, Aekgodang, Sabang, Tarutung, Dolok Sanggul, Tele, dan Samosir.

 

"Diimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada," ujar BBMKG Wilayah I Medan Hartanto, Sabtu (15/5/2021). 

 

Hasil analisis Pusat Gempa Regional I menunjukkan, gempa bumi utama yang terjadi pada 14 Mei 2021 pukul 13.33 WIB di Nias Barat magnitudonya 6,7 dan pusatnya berada di kedalaman 19 km.

 

Peneliti di Pusat Gempa Regional I Marzuki Sinambela mengatakan bahwa gempa di Nias Barat terjadi di luar zona subduksi.

 

"Diperlukan kewaspadaan untuk gempa bumi yang terjadi di zona outer-rise ini, mengingat gempa yang terjadi di outer-rise ini dalam tiga bulan terakhir cukup aktif dan sudah tiga kali dirasakan signifikan di beberapa wilayah di sekitar pantai Barat Sumatera," katanya.

 

Staf Analisa di Pusat Gempa Regional I Lewi Ristiyono mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban akibat gempa utama dan gempa susulan yang terjadi di Nias Barat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama