Iklan

Politik

Sinergitas Polisi Dan Media Penting Untuk Imbangi Perkembangan Teknologi Informatika

11/05/2021, Mei 11, 2021 WIB Last Updated 2021-05-11T13:14:50Z

MEDAN, suarapembaharuan.com - Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat sangat mempengaruhi berbagai sendi kehidupan masyarakat mulai dari kehidupan sosial, politik dan hukum. Karena itu, seluruh pihak perlu bergandeng tangan dan bersinergi agar mampu mengimbangi akselerasi teknologi informasi tersebut.


Istimewa

Hal ini disampaikan penasihan Forum Komunikasi Wartawan Kepolisian (Forkom Warkop) Polda Sumut, Edi Iriawan dalam momen silaturahmi dan buka puasa bersama wartawan di Hotel Danau Toba, Medan, Selasa (11/5/2021).


"Sinergitas kepolisian dan media massa sangat dibutuhkan untuk mengimbangi perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks dalam mempengaruhi sendi kehidupan," kata Edi Iriawan didampingi Ketua Forkom Warkop Polda Sumut, John Damanik.


Dijelaskannya, pihak kepolisian memiliki kepentingan terhadap perkembangan informasi teknologi mengingat tidak jarang aksi-aksi kejahatan maupun hal-hal lain yang memicu keresahan warga kadang muncul lewat media yang berkaitan dengan itu. Misalnya, keberadaan media sosial yang tidak jarang dapat memicu munculnya persoalan di tengah masyarakat atas informasi yang tidak akurat maupun hoax.


Istimewa

"Nah, klarifikasi dari pihak kepolisian mengenai berita-berita hoax tentu tidak mudah sampai kepada masyarakat jika tidak dikomunikasikan lewat media massa yang kredibel sebagai penyampai informasi yang aktual dan berdasarkan data," ujarnya.


Wartawan senior yang juga staf komunikasi Kapolri ini menjelaskan, bentuk sinergitas ini harus terus dipupuk. Kegiatan-kegiatan yang membahas perkembangan teknologi informatika yang terbaru dapat dijalin lewat diskusi-diskusi berkala.


"Dengan diskusi berkala, maka antara pihak kepolisian dengan media massa dapat saling bertukar informasi. Dan inilah sebenarnya yang membuat tugas kepolisian sebagaimana konsep prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (PRESISI) yang digaungkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat terlaksana dengan baik. Tanpa, sinergitas dengan media itu akan sulit diwujudkan," pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Forkom Warkop Polda Sumut, John Damanik mengatakan sangat mendukung berbagai langkah kepolisian khususnya di jajaran Polda Sumatera Utara dalam mewujudkan konsep PRESISI Kapolri. 


"Kami sebagai salah satu forum tempat berkumpulnya awak media sangat mendukung bahkan siap untuk bersinergi dengan Polda Sumut dalam mengimbangi akselerasi perkembangan teknologi informasi tersebut. Setiap hari kami berkutat dengan informasi, dan tentu itu bisa kita komunikasikan dengan pihak kepolisian untuk mendukung kinerja mereka menciptakan kamtibmas yang mumpuni," pungkasnya.


Selain Edi Iriawan dan John Damanik, kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama ini juga dihadiri pengurus lain seperti Bendahara Resi Erlangga, Sekretaris Jonris Purba, Wakil Sekretaris Chairum Lubis dan para wartawan senior yang menjadi anggota. Pada pertemuan ini, juga dibagikan bingkisan lebaran kepada seluruh anggota.


"Apa tanda pohon berdahan. Lebat daunnya diterpa angin. Selamat menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah sebagai hari kemenangan.Saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin," sebut Edi Iriawan. (Rel)

Komentar

Tampilkan

Terkini