Aman dari Abu Vulkanis Gunung Merapi, 72 Terpal Penutup Candi Borobudur Dibuka - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad




Post Top Ad




11 Jun 2021

Aman dari Abu Vulkanis Gunung Merapi, 72 Terpal Penutup Candi Borobudur Dibuka

MAGELANG, suarapembaharuan.com -  Sebanyak 72 terpal penutup stupa induk Candi Borobudur dibuka oleh petugas setelah tujuh bulan digunakan untuk melindungi dari ancaman abu vulkanik Gunung Merapi. Balai Konservasi Borobudur (BKB) membuka terpal pada Kamis (10/6/2021).  

Istimewa

Pembukaan terpal setelah berkonsultasi dengan Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta yang menyatakan Candi Borobudur aman dari ancaman hujan abu vulkanik. 

 

“Sebab jaraknya sekitar 30 kilometer dari puncak dan pola erupsi saat ini bersifat efusif,” ujar  Kasi Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Yudi Suhartono. 

 

Meskipun stupa induk sudah dibuka dari terpal, namun Balai Konservasi Borobudur masih melarang wisatawan untuk naik ke atas bangunan candi. Alasannya, untuk mengantisipasi kerumunan yang rentan menimbulkan penyebaran Covid-19. 

 

Para wisatawan hanya diizinkan di halaman Candi Borobudur. Diharapkan dengan pembukaan tersebut, dapat menambah daya tarik wisatawan karena dapat melihat dan mengabadikan stupa yang tidak tertutup terpal lagi.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here