Iklan

Politik

Anggota DPRD Sumut Apresiasi 5 Program Prioritas Wali Kota Medan

07/06/2021, Juni 07, 2021 WIB Last Updated 2021-06-07T09:21:39Z

MEDAN, suarapembaharuan.com - Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) memberikan apresiasi terhadap lima program prioritas Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution. Menurut anggota dewan, program yang telah ditetapkan tersebut dapat membawa perubahan untuk kota Medan.


Istimewa

Hal tersebut terungkap saat pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sumut melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan, Senin (7/6/2021).

 

Rombongan anggota DPRD Provinsi Sumut yang terbagi menjadi dua tim ini di pimpin oleh Rudy Hermanto selaku pimpinan tim 1 dan Tuahman Fransiscus Purba selaku pimpinan tim 2.

 

Kehadiran anggota DPRD Provinsi Sumut ini disambut hangat oleh Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution didampingi Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman dan Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman.

 

Mengawali kunjungan tersebut Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, menyampaikan ucapan selamat datang di Pemko Medan. Kunjungan ini menjadi suatu kebanggaan untuk dapat berdiskusi dan melihat program kerja yang akan di lakukan Pemko Medan.

 

Dalam kesempatan itu Wali Kota Medan juga menyampaikan lima program prioritas yang akan dilakukan diantaranya pertama yaitu percepatan penurunan angka covid-19 di Kota Medan. Salah satu upaya yang dilakukan Pemko Medan dengan mensukseskan program vaksinasi massal di Kota Medan.

 

"hingga hari ini program vaksinasi covid-19 yang sudah kita lakukan sudah mencapai diatas 40%," kata Wali Kota Medan.

 

Yang kedua lanjut Wali Kota Medan ialah penanganan kebersihan. Dimana Wali Kota Medan menyebutkan dalam pengelolaan TPA saat ini Pemko Medan masih menggunakan sistem open dumping. Namun Pemko Medan akan terus memperbaiki pengelolaan sistem persampahan ini dengan menerapkan sistem sanitary landfill.

 

"Selain itu kami juga telah menyerahkan tanggung jawab kebersihan ke Kecamatan agar penanganan kebersihan ini lebih optimal dilakukan hingga keseluruh lingkungan," ujar Wali Kota Medan menambahkan.

 

Ketiga penanganan infrastruktur jalan. Wali Kota Medan telah menargetkan perbaikan jalan harus bisa diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun namun tetap memperhatikan kualitas dari pembangunannya.

 

"Artinya kita tidak hanya mengejar percepatan pembangunannya saja, namun tetap memperhatikan kulitas pembangunan, jangan sampai baru dibangun sudah rusak kembali," jelas Wali Kota Medan.

 

Ke empat ialah perbaikan drainase untuk mengatasi banjir. Tidak hanya pada bagian drainase saja, Wali Kota Medan juga mengatakan Pemko Medan berkolaborasi dengan BWS Sumatera II untuk menormalisasi sungai yang melintasi kota Medan. Ada tiga sungai yang akan dinormalisasi diantaranya sungai Badera, sungai Babura dan sungai Deli.

 

"Kami juga sudah menyiapkan anggaran untuk melakukan pembebasan lahan agar pembesaran aliran sungai yang mengalami penyempitan dapat teratasi dengan baik," jelasnya lagi.

 

Dan yang terakhir yang ke lima ialah peningkatan ekonomi melalui pengembangan UMKM. Pemko medan telah mencanangkan "The Kitchen of Asia" dengan memanfaatkan keberagaman kuliner yang ada di Kota Medan.

 

"Salah satu upaya yang kami lakukan dengan menempatkan pelaku UMKM di kawasan Kesawan sehingga pelaku UMKM dapat bertahan di tengah pandemi covid-19," kata Wali Kota Medan.

 

Sementara itu Tuahman Fransiscus Purba selaku pimpinan tim 2 mengatakan program Wali Kota Medan sangat luar biasa terutama cakupan terhadap vaksinasi covid-19 yang sudah mencapai 40%. 

 

Selain itu dirinya juga mengapresiasi optimalisasi penanganan sampah yang kini dilimpahkan ke Kecamatan agar penanganan masalah sampah ini lebih cepat teratasi.

 

"Begitu juga dengan target Wali Kota Medan yang bertekad melakukan perbaikan infrastruktur jalan yang tidak hanya mengejar target pembangunan saja tetapi juga harus memperhatikan kualitas," ujarnya.

 

Dalam kunjungan ini juga di paparkan terkait dengan realisasi pelaksanaan program pembangunan di Kota Medan yang sumber dananya dari bagi hasil Pemprovsu.

 

Setelah itu dilanjutkan dengan mendengarkan masukan dari para anggota dewan Provinsi Sumut yang hadir. Masukan yang telah disampaikan tersebut secara bertahap akan direalisasikan oleh Pemko Medan.

Komentar

Tampilkan

Terkini