Perempuan di Afrika Selatan Lahirkan Anak Kembar 10 - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad




Post Top Ad




10 Jun 2021

Perempuan di Afrika Selatan Lahirkan Anak Kembar 10

PRETORIA, suarapembaharuan.com - Seorang perempuan di Afrika Selatan melahirkan 10 orang anak kembar. Hebatnya lagi, perempuan yang berusia 37 tahun ini sebelumnya melahirkan dua orang bayi kembar.  

Ilustrasi

Perempuan bernama Gosiame Sithole berhasil melahirkan 10 orang anaknya dalam keadaan selamat. Dari 10 bayi kembarnya, tujuh orang laki-laki dan tiga perempuan. 

 

Capaian Gosiame ini memecahkan rekor yang dibuat Halima Cisse perempuan asal Maroko yang melahirkan sembilan bayi kembar bulan lalu. Halima melahirkan lima anak perempuan dan empat laki-laki. Padahal dokter sebelumnya mengatakan ada tujuh bayi di rahim Halima.

 

Warga Pretoria, Afrika Selatan Gosiame terkejut saat tahu di perutnya ada 10 bayi, padahal hasil pemeriksaan sebelumnya tak sebanyak itu. Gosiame melahirkan melalui operasi Caesar di usia kandungan 29 pekan. 

 

Gosiame dan suami Teboho kini memiliki 12 orang anak. Dua anak kembarnya kini sudah menginjak usia enam tahun. 

 

"Dia hamil 7 bulan 7 hari. Saya senang, emosional. Saya tidak bisa banyak bicara," kata Teboho Tsoetsi, sang suami kepada Pretoria News, seperti dikutip dari The Sun, Selasa (8/6/2021).

 

Dalam wawancara sebelum persalinan pada Mei, di rumah mereka di Tembisa, Gosiame  mengatakan, terkejut ketika dokter pada suatu kesempatan mengatakan di rahimnya ada enam bayi.

 

Namun dalam pemeriksaan di kemudian hari, dokter meralat pernyataan sebelumnya. Di rahim Gosiame ternyata ada delapan. 

 

"Saya tidak percaya, saya meragukannya. Saya yakin ini akan bayi kembar dua atau tiga, tidak lebih dari itu. Ketika dokter memberi tahu, saya butuh waktu untuk mempercayainya. Ketika saya melihat hasil pemindaian saya tidak percaya," kata Gosiame.

 

Seiring berjalannya waktu, Gosiame bisa menerima kenyataan itu. Setelah itu, dia mulai khawatir, apakah anak-anaknya akan selamat sampai persalinan. Meski demikian dia berusaha mengubur perasaan itu dan meyakinkan diri, anak-anaknya akan lahir dengan selamat.

 

"Saya bertanya pada diri sendiri. Dokter meyakinkan bahwa rahim saya mulai membesar di dalam. Tuhan membuat keajaiban dan anak-anak saya tinggal di dalam rahim tanpa komplikasi," ujarnya.

 

Saat persalinan, jumlah bayi yang berada di rahimnya ternyata 10. Semua lahir dalam kondisi baik namun tetap harus diinkubasi selama beberapa hari, bahkan mungkin beberapa pekan.

 

Seorang profesor dari Universitas Ilmu Kesehatan Sefako Makgatho Dini Mawela mengatakan, kasus ini jarang terjadi dan biasanya disebabkan oleh perawatan kesuburan.

 

"Ini situasi yang cukup unik. Saya tidak tahu seberapa sering itu terjadi. (Kehamilan) Ini sangat berisiko tinggi. Bahaya karena tidak ada cukup ruang di rahim untuk anak-anak. Kecenderungannya adalah mereka akan menjadi kecil," kata Dini.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here