Vaksinasi Keluarga Penting Selamatkan Generasi Penerus

JAKARTA, suarapembaharuan.com -  Vaksinasi yang dilakukan saat ini bukan hanya untuk menyelamatkan ekonomi, tetapi juga meningkatkan kesehatan masyarakat. 


Teks poto: Menparekraf Sandiaga Uno bersama Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad meninjau sentra vaksinasi Covid-19 (ist).

Anggota DPR Komisi XI, Kamrussamad mengatakan selama ini pihaknya selalu mengedepankan perkembangan ekonomi namun ada hal yang sangat penting yaitu mereka yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) terutama bagi anak-anak.


“Sekarang kita bukan lagi bicara masalah pertumbuhan ekonomi tapi bagaimana kita juga harus bicara tentang anak-anak yang banyak menjadi yatim piatu karena orangtuanya terjangkit Covid-19,” ujar dia bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangannya saat meninjau vaksinasi di Jakarta, Kamis (29/7/2021).


Dia mencontohkan seperti yang terjadi di Kutai Barat. Seorang anak berusia 10 tahun harus melakukan isoman seorang diri sedangkan ayah dan ibunya meninggal dunia karena Covid-19. Hal tersebut harusnya menjadi perhatian utama. Ada juga di Madiun karena ayah dan ibunya meninggal, sedangkan putra putrinya tiga orang harus menjadi perhatian khusus.


Kehilangan orang tua secara tragis memberi tekanan yang tidak ringan terutama pada anak usia balita dan remaja. Sebagian anak tiba-tiba harus menanggung beban hidup sepeninggalan orang tua. Anak-anak tersebut perlu dukungan psikologis untuk memulihkan traumatiknya.


“Karena itu, vaksinasi bagi anak-anak juga menjadi sangat penting dan saya sangat menyambut baik aksi vaksinasi untuk anak-anak dan keluarga ini,” ucap Kamrussamad.


Menparekraf Sandiaga mengatakan, vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu program utama yang dijalankan Kemparekraf dalam beberapa waktu terakhir yang berkolaborasi dengan industri. Hasilnya, jumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah tervaksinasi bergerak di atas 5 persen.


Kemparekraf sendiri menargetkan tingkat vaksinasi sebesar 95 persen dari 34 juta masyarakat yang bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya ia mengajak keterlibatan lebih banyak lagi pihak-pihak, baik industri maupun tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, influencer, juga pemerintah daerah untuk aktif menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk vaksin.


"Saya mengajak banyak pihak untuk menyosialisasikan bahwa vaksin sangat aman. Dan tentunya vaksinasi merupakan benteng kita menghadapi varian baru Covid-19, yaitu varian Delta yang ternyata memiliki dinamika yang luar biasa. Selain kita juga harus taat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kita bisa kendalikan dengan baik PPKM level 4 ini," kata Sandiaga.


Selain itu, ia juga mengajak berbagai pihak untuk dapat bersama-sama memastikan pemenuhan aspek sosial dan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak dengan memberikan bantuan sosial. Menurutnya apa yang dilakukan MNC Peduli adalah salah satu upaya untuk menyelamatkan generasi muda dalam aksi vaksinasi keluarga.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama