Iklan

Politik

Bertepatan 100 Tahun Indonesia, Kemenpora Targetkan Masuk 10 Besar di Olimpiade 2045

01/09/2021, September 01, 2021 WIB Last Updated 2021-09-01T14:26:34Z

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Chandra Bhakti menegaskan mimpi besar olahraga Indonesia untuk bisa masuk 10 besar Olimpiade pada 100 Tahun Indonesia Merdeka pada Olimpiade 2045 mendatang.


Istimewa

Penegasan itu disampaikan Chandra Bhakti pada webinar dengan thema Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digagas Persatuan Wartawan Indonsia (PWI) Pusat bersama Kemenpora secara daring, Rabu (1/9/2021).


"Kita ingin bertepatan 100 tahun Indonesia Merdeka bisa masuk 10 besar pada Olimpiade 2045. Untuk itu dari sekarang kita mengusahakan cita-cita besar itu dengan membuat Disain Besar Olahraga Nasional ini," kata Chandra. 


"Dengan waktu 24 tahun, kita akan persiapkan sebaik mungkin atlet kita dengan Disain Besar Olahraga Nasional demi cita-cita besar tersebut," jelas Chandra.


Pada DBON juga telah diputuskan 14 cabang olahraga masuk cabang olahraga prioritas didasarkan prestasi internasional yang diraih. Ada pun 14 cabang olahraga adalah: bulutangkis, angkat besi, panahan, pajat tebing, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, senam artistik dan pencak silat. 


"Memutuskan 14 cabor prioritas ini berdasar masukan akademisi, asosiasi profesor olahraga, wartawan olahraga dan stage holder olahraga agar nantinya kita bisa fokus dalam membina dan melahirkan prestasi tingkat dunia," terang dia. 


"Kepada 14 Cabor prioritas itu tidak otomatis akan tetap aman karena kita memberlakukan promosi dan degradasi berdasar prestasi," urai Chandra.


Ditambahkan Chandra, posisi Desain Besar Olahraga Nasional kini sudah berada di Seketaris Negara untuk selanjutnya diharapkan akan bisa jadi PP (Putusan Pemerintah) agar bisa dijalankan secara nasional.




Komentar

Tampilkan

Terkini