Sandiaga Uno: Mari Lestarikan Budaya, Tingkatkan Kreativitas dan Buka Kesempatan Lapangan Kerja

YOGYAKARTA, suarapembaharuan.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno disambut meriahnya pertunjukan wayang kulit yang dipentaskan oleh dalang cilik saat berkunjung ke desa wisata Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. 


Ist

Saat berbincang dengan dalang cilik berusia 9 tahun yang juga seorang youtuber dengan konten wayang, Sandi menuturkan, sang dalang cilik Adimas Alby Ersani Widyaputra mengaku belajar ngedalang sejak berusia 3,5 tahun secara otodidak. 


Alby begitu dia akrab disapa selalu mengenalkan keahlian mendalangnya di Youtube-nya. 


Alby menuturkan konten Youtube-nya dibuat untuk mempromosikan dan melestarikan kebudayaan wayang yang digelutinya. 


“ini saya subcribe ya, karena saya sangat kagum dengan Alby yang melestarikan budaya nasional," kata dia dalam keterangannya Jumat (8/10/2021). 


Saat Sandi mensubscribe, pengikut akun Alby pun langsung melonjak menjadi 1.000 subscriber. 


Ist

Alby adalah keturunan ke 9 dari Mbah canggahnya sang kakek buyutnya merupakan dalang ternama namanya Mbah Gondo. Saking cintanya dengan wayang sampai ada pendopo kecil di rumah dengan pajangan wayang. 


Alby sering mengikuti lomba dan beberapa kali menang perlombaan. Dia punya prinsip sekolah dan wayang seimbang, abis pulang sekolah, sanggar atau mengaji. 


Dia punya konten Youtube yang di isinya video dia main wayang yang direkam seadanya lewat smartphone orangtuanya. 


“Saya bantu promosikan ya biar subscriber-nya bertambah," ujarnya. Karena bocah kelas tiga SD ini harus didukung penuh, bagaimana dia mengenalkan dan meletarikan budaya asli Indonesia.


Sandi menegaskan, melestarikan budaya memang harus dimulai dari anak-anak khususnya budaya wayang seperti yang dilakulan oleh Alby. 


"Melestarikan budaya wayang mulai dari anak-anak jadi kita dukung  juga kreativitasnya. Nanti saya akan ajak Alby untuk tampil di Washington DC, USA”, terang Sandiaga Uno.


Ist

Untuk menambah kreativitas Mas Menteri membelikan wayang pandawa lima untuk Alby, order-nya langsung di pengrajin wayang desa Rejowinangun di sentra kerajinan desa. 


Selain membelikan untuk Alby sebagai bekal. Pihaknya juga mempekerjakan pengrajin lokal karena wayang itu made by order, dari kulit kerbau pilihan dan tongkatnya dari tanduk. 


"Saya sudah berikan Rp10 juta untuk beli wayangnya," tuturnya.  


Sandi juga akan membelikan ponsel canggih dimana akan membantunya membuat konten wayang untuk di Youtube. 


Tidak hanya itu, Sandi juga berpikir akan membawa Alby ke washington DC untuk mementaskan wayangnya. 


"Kalau situasi sudah kondusif akan kita bawa dia pentas ke Washingtom DC," tukasnya. 


Alby juga curhat ke Mas Menteri yang meminta kontennya dipromosikan. “Ayo pak promosikan bilang suruh subcribe dan follow konten Alby,” tuturnya. 


Alby juga mengaku hanya perlu dipromosikan supaya anak-anak Indonesia bisa menganal kesenian wayang sehingga kesenian ini tidak punah dimakan zaman.


Kategori : News

Editor     : Arnold Sianturi



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama