Kapolri Dorong Pemprov Sumut Percepat Akselerasi Vaksinasi

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta pemerintah provinsi (Pemprov), kabupaten maupun kota untuk mempercepat akselerasi vaksinasi sehingga 70 persen target vaksinasi dari jumlah penduduk di Sumatera Utara (Sumut) dapat tercapai pada akhir tahun 2021.


Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (Ist)

"Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan atas target vaksinasi untuk seluruh daerah termasuk di Sumut supaya bisa dituntaskan," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat melakukan kunjungan kerja bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Medan, Rabu (03/11/2021).


Mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan, Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah maupun masyarakat untuk tetap tidak lengah dan abai, dalam penanganan dan pengendalian Covid-19, yang saat ini terus semakin membaik. Akselerasi vaksinasi, penerapan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin dan perawatan yang baik pasien Covid-19 harus ditingkatkan.


Meski demikian, Kapolri Listyo Sigit mengapresiasi pencapain vaksinasi untuk di Sumut. Oleh karena itu, Kapolri meminta capaian itu dapat dipertahankan pemerintah daerah dengan tetap selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan TNI, Polri, pemuka agama, tokoh masyarakat maupun kalangan stake holder.


"Perlu dilakukan persiapan dalam mangantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) mendatang. Soalnya, setiap libur selalu ada terjadi peningkatan kasus Covid-19. Pada bulan Juli kasus harian mencapai 56 ribu, tapi hari ini diangka 612. Ini harus dipertahankan. Terlihat dari kasus positif menurun demikian juga kasus aktifnya. Ini adalah angka hasil kerja keras rekan-rekan semua,” kata Kapolri.


Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, TNI siap mendukung program pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 menjelang dan saat Nataru mendatang. TNI selalu berkoordinasi dengan Polri dan pemerintah daerah dalam menyukseskan akselerasi vaksinasi di tengah masyarakat.


"Vaksinasi merupakan kunci utama meminimalisir jumlah korban meninggal dunia di tengah pandemi ini. Oleh karena itu, percepatan vaksinasi untuk lansia, kalangan pelajar, pemuka agama, tokoh masyarakat, mahasiswa maupun lainnya, harus dapat kita tuntaskan secara bersama," pungkasnya.


Penulis : Arnold Sianturi

Editor   : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama