Okupansi Hotel Meningkat, Kunjungan Sandiaga Uno Gairahkan Pariwisata Sorong

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Kebangkitan ekonomi khususnya di bidang pariwisata sudah mulai terlihat. Kunjungan masyarakat ke lokasi wisata mulai ramai. Hal tersebut terlihat dari tingkat okupansi hotel yang sudah mulai padat. 


Menparekraf Sandiaga Uno (Ist)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi kalau tingkat okupansi sudah mulai ada peningkatan. 


Saat PPKM level empat, Sandiaga mengatakan jika tingkat okupansi hotel di bawah 20 persen. Kondisi membuat pengelola hotel merugi dari 40 hingga 50 persen. 


Namun dengan menurunnya level menjadi level satu maka tingkat okupansi hotel bisa naik menjadi 80-90persen. “Tentunya hal ini membanggakan, karena artinya kebangkitan ekonomi bisa jauh lebih cepat,” katanya. 


Salah satunya adalah di Kota Sorong Papua. Sandi menegaskan, kalau dua minggu lalu dia baru saja berkunjung ke Sorong untuk memastikan destinasi wisata disana. Dan saat ini dia mendapatkan kabar baik kalau tingkat okupansi di kota sorong sudah penuh bahkan sudah normal. 


“Alhamdulillah, kabar baik. Ini bukan hanya untuk pelaku pariwisata di Kota Sorong saja, tetapi juga untuk seluruh Indonesia. Kita semakin yakin bahwa pariwisata akan terus meningkat dan lapangan kerja semakin terbuka luas,” tegasnya. 


Ist

Sandi mengakui, kunjungannya ke Kota Sorong bisa menjadi salah satu penyebab tingginya kunjungan ke Kota Sorong. Dalam hal ini dia berharap pihak Pemerintahan Daerah Kota Sorong bisa terus mempertahankannya. 


Dia menuturkan, berita baik ini tentunya menjadi angin segar dan penyemangat untuk semua di tengah pandemi dan tantangan ekonomi. Sandi menegaskan, dia sempat berbincang dengan pelaku usaha di kota sorong. Saat itu mereka akan sangat bersyukur sekali bila mendapat tamu. 


"Pas awal kata mereka tamu mulai turun dari 70% sampai tidak ada sama sekali. Bahkan ada hotel yang terpaksa merumahkan karyawan mereka,” ujarnya. 


Namun, saat ini dengan adanya peningkatan okupansi maka pihak hotel di sana mulai memanggil karyawannya satu per satu di awal bulan November untuk mengisi kembali posisi mereka. 


Bahkan laporan yang diterimanya, bila diawal pandemi tamu yang menginap di hotelnya kebanyakan adalah orang lokal kini sudah mulai membaik bahkan ada tamu dari luar kota sorong atau Papua. 


“Kita harapkan situasi ini akan segera normal kembali, sehingga keterbukaan lapangan kerja juga kembali normal begitu juga dengan kebangkitan ekonomi,” tukasnya


Kategori : News

Editor     : Arnold Sianturi




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama