Polri Sebutkan Ustaz Farid Okbah Ditangkap Terkait Jaringan JI

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Mabes Polri membenarkan penangkapan 3 ulama, salah satunya Ustaz Farid Okbah oleh Densus 88, terkait jaringan jemaah Islamiyah (JI), pada Selasa (16/11/2021).


Ist

Kabagpenum Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, Ustaz Farid Okbah diduga berperan sebagai tim sepuh dari organisasi teroris Jemaah Islamiyah (JI). 


"Penangkapan Okbah sendiri merupakan hasil pengembangan dari penangkapan tersangka teroris lain bernama Arif Siswanto (AS)," ujar Ahmad Ramadhan.


Dari pendalaman, diketahui pula bahwa Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) digunakan sebagai wadah baru JI yang didirikan Okbah.


“Dia (Okbah) ikut memberikan solusi kepada saudara AS yang telah ditangkap terkait dengan pengamanan anggota JI pascapenangkapan saudara PW (Parawijayanto) dengan membuat wadah baru. Adapun partai yang dibentuk oleh FAO adalah partai dakwah rakyat indonesia atau PDRI,” kata Ramadhan.


Ahmad menjelaskan, Farid Okbah punya sejumlah latar belakang di jaringan teroris JI. Dari hasil pendalaman Densus, dia merupakan bagian dari tim sepuh atau Dewan Syuro di organisasi teroris tersebut.


Ramadhan menuturkan Farid juga merupakan anggota dewan syariah Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) atau Yayasan amal yang didirikan untuk pendanaan JI via kotak amal.


Menurut dia, Farid juga pernah terlibat dalam pertemuan yang berkaitan dengan pengkaderan Jamaah Islamiyah di Bekasi.


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama