Sandiaga Kunjungi Desa Kaki Langit, Diharapkan Cepat Pulihkan Ekonomi Warga

KAKI LANGIT, suarapembaharuan.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ikut bermain alat musik bersama kelompok Gejog Lesung saat berkunjung ke Desa Wisata Kaki Langit, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Kegiatan bermain musik menunjukan mulai bergeliatnya perekomian masyatakat. 


Ist

Sandi yang baru tiba secara sepontan langsung naik ke atas panggung dan mengambil stik gendang yang sedang ditabuh seorang bapak tua. Sandi lansung memainkan mengitu irama yang diajarkan olah sang bapak. 


Usai menabuh gendang, Sandi langsung mencoba memukul alu yang ditabuhkan olah empat orang ibu-ibu.  Sama dengan memukul gendang, sandi juga dijarkan untuk mengikuti irama pukulan gejog yang sedang melantunkan langgam jawa. 


USai bermain alat music, ketua Paguyuban Gejog Lesung Supimarni mengungkapan kepada mas Menteri. Kalau sejak pandemi ini dirinya dan bersama kelomoknya tidak pernah mementaskan apapun. 


Ist

Bahkan selama dua tahun dia dan kelompoknya tidak memiliki penghasilan. Tapi dengan kedatangan mas Menteri Desa Wisata Kaki Langit kembali dibuka dan dia bisa berpenghasilan kembali. 


“Saya ucapkan terima kasih, karena kalau ini dibuka lagi maka kita bisa berpenghasilan lagi,” katanya. 


Sandi yang mendengar keluhan Ibu Supimarni cukup prihatin, namun dirinya memang tidak bisa berbuat banyak selama ini. 


Ist

Namun, saat ini dia menegaskan kalau pihaknya akan membuka kembali desa wisata Kaki Langit namun dengan protokol Kesehatan yang ketat. Sehingga masyarakat bisa kembali membuka usaha mereka di Desa Wisata Kaki Langit. 


“Tapi bertahap, mudah-mudahan ini bisa membantu,” tegasnya. 


Seusai memberitahu para pemain Gejog Lesung, Sandi langsung memberikan mereka bantuan berupa uang tnuai masing-masing pemain di sawer sandi sebesar Rp50.000. 


Pengelola Kaki agit Sumijan mengaku, selama ini memang tidak ada pemasukan di lokasi Desa Wisata Kaki Langit. Namun, selama pandemi ini pihaknya yang memang memanfaatkan tanah desa untuk membangun desa tersebut, melakukan renovasi.


Kedatangan Sandi ke desa tersebut juga diminta untuk menandatangani prasasti pemakaian kembali fasilitas desa kaki langit.


Kategori : News

Editor     : Arnold Sianturi



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama