Iklan

Politik

UKM Studi Pedesaan USU Bantu Majukan Wisata Sungai Desa Ujung Teran

25/11/2021, November 25, 2021 WIB Last Updated 2021-11-24T23:11:47Z

MEDAN, suarapembaharuan.com - Pembelajaran abad 21 di perguruan tinggi harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa sebagai agen of change dalam masyarakat.


Ist

Sehubungan dengan itu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun membangun desa, melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). 


Program ini diharapkan memberikan manfaat positif untuk memajukan desa dan sekaligus implementasi kompetensi mahasiswa dalam masyarakat.


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Studi Pedesaan Universitas Sumatera Utara merupakan salah satu tim penerima Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dilakukan di Desa Ujung Teran Kecamatan Salapian. 


Kegiatan ini merupakan tindak lanjut mahasiswa UKM Studi Pedesaan sebagai perwujudan Tridharma perguruan tinggi belum lama ini.


Tim dari UKM Studi Pedesaan USU melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis (25/11/2021) menyampaikan, secara pelaksanaan dipimpin oleh Petrus Septian Gultom dari Fakultas Ilmu Budaya dan Politik (FISIP). 


Bersama rekan-rekannya yang tentunya berasal dari berbagai fakultas, mereka menyusun beberapa program untuk memajukan kawasan wisata sungai sekaligus menumbuhkan dan menambah keterampilan serta pemahaman masyarakat setempat tentang pengembangan wisata sungai. 


Pembukaan program dilaksanakan pada 7 September 2021 di Kantor Kepala Desa Ujung Teran Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat dan dihadiri oleh aparatur desa serta pemuda setempat.


Dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Tim UKM Studi pedesaan USU Berfokus pada Pengembangan kawasan sungai dengan metode BALATEP (Bangun, Latih, dan Terapkan). 


Kegiatan PHP2D ini dimulai bulan September hingga bulan November tahun 2021, dengan rangkaian kegiatan antara lain: Launching Kegiatan PHP2D UKM Studi Pedesaan USU, penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang pariwisata, pelatihan dan pendampingan photography.


Kemudiam pelatihan dan pendampingan content creator, pelatihan dan pendampingan public speaking, pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan website serta melakukan pembangunan fisik di sekitar kawasan sungai di Desa Ujung Teran.


Program yang dilakukan oleh mahasiswa UKM Studi Pedesaan USU ini diharapkan menjadi salah satu program unggulan desa dan menjadi pemicu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pembangunan ekonomi untuk pencapaian tujuan SDGs desa.


Semoga dengan implementasi yang dilakukan Tim UKM Studi Pedesaan USU ini dapat dikelola dengan baik oleh masyarakat desa ujung teran khususnya aparatur desa.


Program ini dapat berjalan dengan lancar juga karena dengan adanya dukungan dan partisipasi masyarakat desa sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya dalam pemanfaatan Kawasan sungai sebagai Pilar pembangunan ekonomi.


Kategori : News

Editor     : AHS



Komentar

Tampilkan

Terkini