Ikuti Arahan Presiden, Kapolda Panca Siap Bombardir Varian Omicron di Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si mengikuti rapat perihal tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan Covid-19 dan antisipasi varian Omicron di Sumatera Utara (Sumut), Senin (20/12/2021).


Ist

Rapat yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin tersebut dibuka langsung Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi dan turut dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, S.I.P., M.M, Kabinda Sumut, Danlantamal I Belawan, Wakajati Sumut,  Satgas Covid-19 dan FKPD Kab/Kota via Zoom Meeting.


Kapolda Panca melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2021) mengatakan, saat ini Polda Sumut dan jajaran masih tetap melaksanakan operasi yustisi dalam mengantisipasi dan mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.


Terhadap kabupaten maupun kota yang belum mencapai target 70%, Panca telah memerintahkan polres dan jajaran untuk melakukan pemetaan terhadap masyarakat hingga ke pelosok daerah. Ini dilakukan agar bisa mengetahui daerah mana yang masih rendah capaian vaksinasinya dan disitulah akan dilakukan pelaksanaan  serbuan vaksinasinya.


"Saya minta rekan-rekan fokus dalam melakukan pemetaan terhadap masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi agar kita bisa membombardir dalam pelaksanaan vaksinasinya," ujar Panca.


"Dalam upaya mencapai target 70% pelaksanaan vaksinasi kami maksimalkan dengan melakukan vaksinasi di malam hari dan ini kami lakukan terhadap masyarakat yang bekerja di pagi hari dan tidak ada waktu melakukan vaksinasi," lanjutnya.


Menghadapi Nataru, Polda Sumut dan jajaran akan melakukan gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Toba dimana dalam pelaksanaan operasi tersebut masyarakat tidak dilarang untuk berpergian namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan hanya diizinkan mobilisasi bagi masyarakat yang sudah memiliki kartu vaksinasi.


"Menjelang Nataru kami akan meningkatkan Operasi Yustisi dengan menambahkan titik lokasi serta jumlah personel kita yang diturunkan akan ditambah", ucap Panca


"Kita tidak boleh lengah akan kondisi Covid-19 saat ini. Tetap prioritaskan protokol kesehatan. Kami seluruh stake holder terkait bekerja sama himbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak terjadi peningkatan Covid-19 pasca libur Nataru," ujar Panca


Berdasarkan data yang dihimpun, capaian vaksinasi Provinsi Sumatera Utara saat ini terdapat 18 Kab/Kota yang mencapai atau lebih dari 70% dan 15 Kab/Kota yang dibawah 70%.


Beberapa daerah yang capaian vaksinasinya dibawah 70% diantaranya Medan 61,05%, Langkat 68,20%, Deli Serdang 66,83%, Asahan 67,10%, Labuhan batu 64,32%, Labuhanbatu Selatan 60,23%, Labuhanbatu Utara 62,87%.


Kwmudian Kabupaten Simalungun 67,13%, Tapanuli Selatan 67,80%, Tapanuli Tengah 63,27%, Padang Lawas 62,66%, Padangsidimpuan 64,69%, Madina 61,78%, Gunung Sitoli 67,13%, dan Nias Utara 63,55%.


Kategori  : News

Reporter : Asmita

Editor      : AHS



Lebih baru Lebih lama