Menuju Era Peradilan Modern, Pengadilan Militer I - 02 Medan Luncurkan Aplikasi Alibaba

MEDAN, suarapembaharuan.com - Menuju era baru peradilan modern berbasis teknologi informasi, Jumat Pagi 3 Desember 2021, Pengadilan Militer I - 02 Medan kembali meresmikan serta mensosialisasikan aplikasi pelayanan online yang diberi nama Alibaba. 


Ist

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruangan Sidang Sisingamangaraja XII Dilmil I-02 Medan, Selain dapat berbagi data antara  Pom (Polisi Militer), Oditurat Militer, Papera, Penasehat Hukum, Pengadilan Militer dan Masmil, Aplikasi Berbagi dan Bank Data (Alibaba) ini juga dapat digunakan untuk mengarsip data secara elektronik. 


Sebelumnya pada 3 Juli 2020 kemarin Pengadilan Militer mensosialisasikan dan menerapkan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Online Data (SIPODA) untuk mempermudah para pencari keadilan agar mendapatkan informasi terkait perkaranya, untuk menyempurnakan aplikasi Sipoda tersebut, maka Pengadilan Militer I-02 Medan kembali menerbitkan aplikasi ALIBABA, dengan harapan semua data terkait update perkara dapat diketahui dengan mudah. 


Selain memiliki wilayah hukum yang luas, Rencana Pembuatan aplikasi ALIBABA ini juga merujuk kepada antisipasi kehilangan arsip data perkara akibat terjadinya bencana alam dan peristiwa lainnya. Sehingga ketakutan akan kehilangan data perkara kedepannya dapat teratasi dengan baik. 


Kadilmil I-02 Medan, Kolonel Chk Sahrul S.H.,M.H menjelaskan bahwa penerapan ini untuk memudahkan dalam penyelesaian perkara secaa online, dimana seluruh perkara dapat diakses oleh seluruh stakeholder saja.


"Jadi dibuatnya ini adalah untuk memudahkan dalam penyelesaian perkara secara online, kepada stake holder seperti POM, Oditurat MIliter, Papera, Penasehat Hukum dan Pengadilan Militer," ucapnya. 


Dalam menwujudkan visi misi Makamah Agung, Pengadilan Militer I - 02 Medan kedepannya akan terus berinovasi dan berkembang dalam memberikan pelayanan informasi terkait perkara persidangan baik yang masih berlangsung dan sudah selesai ditangani.


 "Artinya dalam mewujudkan visi misi Makamah Agung kita dapat terus berkembang dengan terus melakukan berbagai inovasi," ungkapnya.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama