Sambut Nataru, BI Sumut Siapkan Uang Penukaran Sebesar Rp2,9 Triliun

MEDAN, suarapembaharuan.com - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara (BI Sumut) menyiapkan uang penukaran sebesar Rp2,9 Triliun dalam menyambut hari besar Perayaan Natal, 25 Desember 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022.


Ist

Kebutuhan uang kartal tersebut disalurkan melalui perbankan. Keran penukaran secara wholesale kepada BPR dan BPRS di Kota Medan yang tergabung dalam Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sumatera Utara.


Kepala BI Sumut, Soekowardojo menyampaikan, sebanyak Rp.6.614.800.000,- (enam miliar enam ratus empat belas juta delapan ratus ribu rupiah) jumlah penukaran kepada BPR dan BPRS periode Nataru 2021 dilaksanakan pada hari ini.


“Kegiatan penukaran ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan setiap hari besar keagamaan di BI Sumut dengan tujuan untuk memastikan ketersediaan uang rupiah yang layak edar di masyarakat,” kata Soekowardojo didampingi Kepala Divisi Sistem Pembayaran KPw BI Sumut, Nasrullah usai melakukan penyerahan penukaran uang kepada Kepala Perbarindo Sumut, Hardey Sabar.


Dijelaskan, bahwa kebutuhan uang penukaran untuk periode Nataru juga dilaksanakan melalui kantor kas titipan KPw Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara di BRI Kabanjahe. Total Outflow Kantor Kas Titipan Bank Indonesia sampai dengan 10 Desember 2021 sebesar Rp22,4 miliar.


“Dari estimasi Rp 2,9 teiliun yang dipersiapkan periode Nataru 2021 ini, total realisasi sampai tanggal 10 Desember 2021 sebesar Rp1,2 triliun (41%). Sisa kebutuhan perbankan akan dibayarkan sampai dengan 27 Desember 2021. Untuk itu acara penukaran menyambut Nataru Tahun 2021 kepada Perbarindo Sumut, saya nyatakan dibuka,” sebutnya.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama