Sandiaga Uno: AKI 2021 Tingkatkan Quality Time dan Lapangan Kerja

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Presiden Joko Widodo sangat berharap sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mampu membuka lapangan kerja lebih banyak. 


Ist

Saat ini sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka lapangan kerja terbanyak 34 juta tenaga kerja. Hal ini disampaikan Menparekraf Sandiaga dalam Apresiasi Kreasi Indonesia di Atrium Gandaria City Mall, baru - baru ini.


Karena itu, untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif yang bersanding erat dengan sektor pariwisata, pihaknya selain melakukan pendampingan dan mentoring juga memberikan pelatihan-pelatihan (workshop) agar UMKM semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.


Harapannya, para pelaku usaha bisa mengambangkan produknya baik secara kualitas dan kuantitas. Dia mengungkapkan, inovasi adalah kunci bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bertahan saat pandemi, khususnya jelang masa Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Sandi mengungkapkan, adanya Areif Yahya dan Triawan Munaf dalam acara AKI tersebut menunjukan kekompakan pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya pada tahun depan sektor ekraf akan dikembangkan untuk bisa menghasilkan lapangan pekerjaan. 


Ist

“Karena tiga Isu utama pada tahun depan adalah peningkatan lapangan kerja semuanya dari sektor ekraf dan pariwisata,” kata sandi yang diiyakan oleh Mantan Ketua Barekraf Triawan Munaf. 


Menurutnya, selain pendampingan, workshop, inkubasi dan juga pameran menjadi yang utama bagi para UMKM ini. Selain itu ada juga pembiayaan. “Kalau selama tiga hari ini kita hanya tampilkan pameran aja.


Inovasi diyakini dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja luas bagi masyarakat. Terlebih, UMKM memainkan peran penting sebagai tulang punggung perekonomian bangsa, dengan 60 persen dikontribusikan oleh sub sektor kuliner, kriya, dan fesyen. 


Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang telah berjalan di 16 kota dengan mengangkat tema ‘Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat’ memang berfokus untuk peningkatan dari produk UMKM. 


Dari pelaksanaan AKI ini Sandi mengakui bahwa pendampingan dan mentoring yang diberikan melalui program AKI ini terbukti mampu tingkatkan pendapatan peserta UMKM 10 kali lipat.


Dalam workshop yang diberikan oleh Kemenkraf, diharapkan mampu membuat pahlawan-pahlawan ekonomi atau UMKM yang membangkitkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja. Sehingga Indonesia bangkit dan kuat. 


Dia menegaskan, workshop yang dilakukan oleh kemenkraf bertujuan mempersiapkan pelaku usaha menghadapi libur Nataru. Sehingga, para pelaku UMKM dapat tetap berkreasi dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. 


"Juga kita siapkan mereka untuk memasuki era baru, pariwisata dan ekonomi kreatif yang berbasis teknologi dan berbasis desain," ujar Sandiaga.


Saat ini, Kemenparekraf tengah berfokus pada sejumlah program dan kegiatan yang membangkitkan semangat dan kemampuan untuk memulihkan sektor parekraf. Sehingga, program yang telah disusun dapat berjalan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.


Sementara pada kriya, dia menekankan agar desain dan produk dapat fokus terhadap keberlanjutan lingkungan dan pelestarian alam. 


"Jadi ini tugas kita, bukan hanya kita ingin membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, tetapi juga menjaga lingkungan dalam konsep 3P, planet, people dan prosperity, yaitu lingkungan hidup, dampak baik bagi manusia-menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan keberlanjutan usaha," papar Sandiaga.


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama