13 Ketua PKK Desa di Kecamatan Siempat Nempu dilantik

DAIRI, suarapembaharuan.com - Sebanyak 13 ketua PKK desa di Kecamatan Siempat Nempu Kabupaten Dairi, Sumatera Utara dilantik, Jumat (21/01/2022).


Istimewa


Pelantikan bertempat di aula kantor Camat Siempat Nempu dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, pelantikan dirangkai dengan pengukuhan Bunda Paud desa, Kecamatan Siempat Nempu.


Romy berpesan sebagai istri kepala desa, Istri adalah pendamping suami agar suamai bisa melaksanakan tugasnya melayani masyarakat.


“Kita paham bahwa PKK adalah mitra pemerintah dari tiap tingkatan mulai desa, kecamatan hingga kabupaten. Sebagai istri kepala desa adalah ex officio, artinya apa yang kita lakukan hari ini adalah karena suami kita adalah kepala desa. Jadi tugas kepala desa pada hakikatnya melekat pada kita, sebagaimana tugas kepala desa itu sendiri. Jadi kita harus dukung dan support tugas suami sebagai pelayan masyarakat,” katanya.


Terkait Paud, Romy menjelaskan kekuatan keluarga dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah pendidikan. Disebutkan, pendidikan anak sejak usia dini sangat penting dalam membangun generasi emas bangsa.


“Kekerasan dalam rumah tangga dipengaruhi oleh pendidikan dan pengetahuannya yang rendah.Untuk mengatasinya, tugas bunda Paud lah yang harus mampu mensosialisasikan bagaimana pentingnya peranan paud. Karena kita adalah figur sentral gerakan nasional paud. Sebagai figur sentral kita harus bisa berkomunikasi dengan pemangku kepentingan. Mari momentum Golden Age anak harus dikembangkan melalui pendidikan,” kata Romy.


Landong Napitu menjelaskan tugas PKK dan bunda Paud sama dengan kepala desa bagaimana pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat bisa dijalankan.


“Tugas ini adalah amanah. Selamat bekerja, bertanggung jawablah atas tugas yang diemban ini. Jadilah pelayan masyarakat yang baik,” ujarnya.


Ketua TP PKK Kabupaten, terlihat menyematkan pin serta selempang bagi bunda paud 13 desa.

Pengukuhan dipimpin Camat Siempat Nempu, Landong Napitu. 


TP.PKK desa yang dilantik yakni desa Adian Gupa, desa Adian Nangka, Bunturaja, Gomit, Hutaimbaru, Jumateguh, Juma Antuang, Juma Siulok, Desa maju, desa Sihorbo, Sinampang, Soban, dan desa Sosorlontung dilakukan oleh Juwita Landong Napitu.


Hadir juga dalam kegiatan ini, mewakili kepala dinas pemerintahan desa, Shela Bancin, kabid Pendidikan dan kependidikan, Saut Simarmata, Ketua Pokja Bunda Paud, Elvinka Hutapea, pengurus TP, PKK Kabupaten dan para Kepala Desa dari 13 desa di Kecamatan Siempat Nempu. 

Lebih baru Lebih lama